Aksi May day Fiesta pada Sabtu, Masyarakat Diimbau Hindari Kawasan GBK

Jumat, 13 Mei 2022 11:34 Reporter : Bachtiarudin Alam
Aksi May day Fiesta pada Sabtu, Masyarakat Diimbau Hindari Kawasan GBK Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Endra Zulpan. ©2021 Merdeka.com/Bachtiarudin Alam

Merdeka.com - Polisi mengimbau kepada masyarakat untuk menghindari kawasan Gelora Bung Karno, Senayan Jakarta, menyusul akan diadakannya kegiatan dalam rangka memperingati hari buruh internasional atau May Day Fiesta yang akan berlangsung Sabtu (14/5) besok.

"Kami mengimbau kepada masyarakat, agar kiranya besok mulai pukul 09.00 Wib pagi sampai dengan 15.00 Wib kiranya bisa menghindari kawasan GBK," kata Kabid Humas Kombes Pol, Endra Zulpan kepada wartawan, Jumat (13/5).

Imbauan itu dikeluarkan, melihat estimasi massa sekitar 60 ribu orang yang bakal datang dengan 2.000 bis dari daerah Jabodetabek, sampai sekitar Jawa Barat. Mereka yang tergabung dalam Gerakan Buruh Indonesia (GBI) bakal memadati kawasan GBK nantinya.

"Dikhawatirkan nanti karena banyaknya kegiatan di situ kemudian banyaknya kendaraan yang disiapkan oleh peserta, nanti masyarakat kita harapkan untuk menghindari," imbuhnya.

Sehingga guna mengatasi keramaian tersebut, lanjur Zulpan, pihak kepolisian bakal menyiapkan sejumlah skema rekayasa arus lalu lintas termasuk pengamanan di pintu masuk GBK.

"Kita harapkan kegiatan bisa berjalan dengan baik, tempatnya juga sudah ditata dengan baik di satu tempat yaitu di GBK ini adalah kegiatan Mayday Fiesta, pestanya para buruh," ucapnya.

"Oleh sebab itu ini mohon pengertian kepada seluruh masyarakat manakala besok antara jam 09.00 Wib sampai 15.00 Wib di sekitar GBK agak padat ada kegiatan ini untuk bisa dimaklumi," sambungnya.

2 dari 2 halaman

Sebelumnya, Presiden Partai Buruh Said Iqbal telah menyampaikan jika pihaknya bersama gerakan buruh Indonesia bakal menggelar aksi dalam peringatan hari buruh internasional "May Day Fiesta di DPR dan GBK.

"Kami beritahukan, ada dua kegiatan yang akan dilakukan Partai Buruh bersama Gerakan Buruh Indonesia," kata Said dalam keterangannya, dikutip Kamis (14/5).

Kegiatan ini akan digelar pada 14 Mei 2022 sekitar pukul 10 00 – 12.00 WIB akan dilakukan aksi unjuk rasa di DPR RI. Dilanjutkan pada jam 13.00 – 17.30 WIB berupa May Day Fiesta di GBK.

"Dikarenakan harus memenuhi protokol Kesehatan, jumlah massa yang seyogyanya 100 ribu dikurangi menjadi 50-an ribu orang," ujarnya.

Masa tersebut akan berasal dari Jakarta, Banten, dan Jawa Barat. Selain itu aksi ini juga akan turut diikuti oleh masa lainnya secara serempak di beberapa kota seperti Medan, Surabaya, Semarang, Yogyakarta, Aceh, Padang, Bengkulu, Riau, Lampung, Sulawesi, Makassar, Gorontalo, Morowali, Kendari, Bitung, Banjarmasin, Pontianak, Samarinda, Maluku, Mataram, hingga Ternate.

Adapun tuntutan yang akan disuarakan adalah 18 tuntutan, terdiri dari: (1) Tolak Omnibus law UU Cipta Kerja; (2) Turunkan harga bahan pokok (minyak goreng, daging, tepung, telur, dll), BBM, dan gas; (3) Sahkan RUU PPRT, tolak revisi UU PPP, tolak revisi UU SP/SB; (4) Tolak upah murah; (5) Hapus outsourcing; (6) Tolak kenaikan pajak PPn; (7) Sahkan RPP Perlindungan ABK dan Buruh Migran; (8) Tolak pengurangan peserta PBI Jaminan Kesehatan.

Lalu, (9) Wujudkan kedaulatan pangan dan reforma agraria; (10) Stop kriminalisasi petani; (11) Biaya pendidikan murah dan wajib belajar 15 tahun gratis; (12) Angkat guru dan tenaga honorer menjadi PNS; (13) Pemberdayaan sektor informal; (14) Ratifikasi Konversi ILO No 190 tentang Penghapusan Kekerasan dan Pelecehan di Dunia Kerja; (15) Driver Ojol adalah pekerja, bukan mitra kerja yang tidak jelas hubungan kerjanya.

Kemudian, (16) Laksanakan Pemilu tepat waktu 14 Februari 2024 secara jurdil dan tanpa politik uang; (17) Redistribusi kekayaan yang adil dengan menambah program jaminan sosial (jaminan makanan, perumahan, pengangguran, pendidikan, dan air bersih); dan (18) Tidak boleh ada orang kelaparan di negeri yang kaya.

"Di dalam acara May Day Fiesta juga akan diisi oleh orasi dari serikat buruh internasional dan Partai Buruh dari negara lain," ujarnya.

Baca juga:
May Day Fiesta Digelar Besok, Polisi Imbau Pengendara Hindari Kawasan GBK
Operasional Transjakarta Disesuaikan Imbas Demo Buruh
Ada Demo Buruh, Warga Jakarta Diimbau Menghindari Kawasan Patung Kuda
Aksi Buruh Peringati May Day di Kawasan Patung Kuda
NasDem soal Kabar Pemakzulan di Demo 21 Mei: Itu Hanya Bisa Dilakukan Parlemen
May Day, Buruh akan Gelar Demo di KPU
Demo May Day Digelar Besok, Polda Metro Imbau Buruh Cari Waktu Sesudah Lebaran

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini