Akan Hentikan Bantuan, Pemprov DKI Ingatkan UNHCR Soal Nasib Pencari Suaka

Rabu, 28 Agustus 2019 11:14 Reporter : Merdeka
Akan Hentikan Bantuan, Pemprov DKI Ingatkan UNHCR Soal Nasib Pencari Suaka Pengungsi pencari suaka. ©2019 Merdeka.com/Paquita

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan mengembalikan tanggung jawab para pencari suaka kepada United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR). Pasalnya mereka akan menghentikan bantuan kepada mereka pada tanggal 31 Agustus 2019 mendatang.

Kepala Dinas Sosial DKI Jakarta, Irmansyah mengatakan, saat ini pihaknya masih menunggu instruksi lebih lanjut dari pemerintah pusat terkait penanganan pencari suaka di Kalideres, Jakarta Timur.

"Sepenuhnya nanti akan ada arahan dari pemerintah pusat terkait dengan hal ini, karena memang sesungguhnya penanganan pengungsi jadi tugas pemerintah pusat, dalam hal ini UNHCR," katanya di GOR, Jakarta Timur, Rabu (28/8).

Dia menegaskan, penanganan pencari suaka adalah wewenang pemerintah pusat sepenuhnya.

"Sampai dengan tanggal 31 (Agustus) alhamdullilah kita masih dapat memberikan untuk makanan mereka, nanti kita setelah ini mudah-mudahan ada arahan lebih jelas," tutupnya.

Sebelumnya, Kepala Perwakilan UNHCR Thomas Vargas menyampaikan, pihaknya akan bekerja sama dengan berbagai pihak untuk menangani permasalahan pencari suaka pasca Pemprov DKI Jakarta menghentikan bantuan makanan kepada mereka.

"Kita dalam situasi yang sulit saat ini. Kita akan bekerja sama dengan pemerintah, dan dengan semua mitra yang bisa membantu," kata Vargas di Kantor UNHCR, Jakarta Pusat, Senin (26/8).

"Kita akan bekerja sama dengan pemerintah dan pihak lain hingga tempat itu (kemp penampungan pencari suaka Kalideres) ditutup," imbuh Vargas.

Reporter: Ratu Annisaa Suryasumirat
Sumber: Liputan6.com [fik]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini