Ahok tak berkutik diserang tiga menteri soal reklamasi

Kamis, 5 Mei 2016 07:32 Reporter : Anisyah Al Faqir, Lia Harahap
Ahok tak berkutik diserang tiga menteri soal reklamasi Menko Kemaritiman dan Ahok di pulau reklamasi. ©2016 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Ahok yang turut dalam rombongan para menteri tak mau banyak bicara. Bila biasanya dia begitu yakin proyek reklamasi tak melanggar aturan, kini dia memilih tak berdebat.

Dia siap mengikuti semua aturan pemerintah. Salah satunya menunggu hasil kajian analisa mengenai dampak lingkungan (amdal) pulau-pulau tersebut.

"Intinya kami Pemprov DKI menunggu hasil dari Kementerian Lingkungan Hidup. Nanti kami akan tindaklanjuti," ujar Ahok di sela kunjungannya ke pulau reklamasi.

Terkait sejumlah pengerjaan yang masih dilakukan pengembang pascamoratorium, Ahok berdalih perusahaan itu sudah berkirim surat padanya berjanji menghentikan seluruh pembangunan di pulau reklamasi.

"Saya laporkan juga, dua minggu lalu pengembang-pengembang sudah kirim surat, bersedia untuk memberhentikan pembangunan selama moratorium," klaimnya.

reklamasi pulau c dan d

Ahok menegaskan, pihaknya tidak pernah mengeluarkan surat izin membangun di atas pulau reklamasi. Sebabnya, masih ada dua aturan yang tumpang tindih.

"Kalau IMB memang kita masih berdebat. Apakah nunggu perda baru atau pakai perda yang baru. Kalau pakai yang lama saya bisa keluarkan," jelasnya.

"Yang terjadi sekarang, disebut dengan yang tafsiran bahwa masih ada perda dulu. Sedangkan perda sebelumnya kan sudah ada dan itu sudah kita serahkan Ibu Siti kajiannya seperti apa," sambungnya.

Setelah meninjau proyek reklamasi, Ahok tak mau banyak bicara. Dia memastikan proyek reklamasi hanya masalah teknis yang perlu diselaraskan antara pemerintah pusat dengan pemerintah daerah. Bisa jadi, kata dia, persyaratan itu tak dibutuhkan pemerintah daerah tapi dibutuhkan pemerintah pusat.

"Makanya kita ini teknis. Dia berdebat soal teknis bahwa kalau dia bilang butuh, padahal kalau yang lain enggak butuh," pungkas Ahok. [lia] SEBELUMNYA

Baca juga:

Susi sebut izin reklamasi Jakarta bikin pesisir bukan pulau buatan

Menteri Susi soal reklamasi: Nelayan bukan suku marjinal

Ahok akui banyak kajian amdal tak sesuai reklamasi di lapangan

Menhut Siti juga moratorium semua pengerjaan di atas pulau reklamasi

Penampakan bangunan megah hiasi pulau reklamasi Teluk Jakarta

Disemprot pulau berdempetan, Agung Sedayu klaim tiru di Eropa

Rizal Ramli ke anak buah Aguan: Kalau enggak mau nurut kita sikat!

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Reklamasi Teluk Jakarta
  3. Ahok
  4. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini