Ahok siapkan Tanjung Priok jadi pusat pasar bebas ASEAN

Rabu, 11 Desember 2013 09:02 Reporter : Fikri Faqih
Ahok. ©2013 Merdeka.com/Benny

Merdeka.com - Wakil Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama (Ahok) menata kembali Pelabuhan Tanjung Priok, Jakarta Utara untuk menyambut ASEAN Economic Community (AEC) 2015. Ahok ingin Pelabuhan Tanjung Priok itu menjadi pusat pasar bebas ASEAN tersebut.

"Kita akan kuasai pelabuhan laut dalam. Jadi Jakarta harus punya pelabuhan yang memiliki kedalaman 18 hingga 20 meter sehingga semua barang-barang kita bisa naik turunnya gampang. Gudang logistik," kata Ahok di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu (11/12).

Ingin meniru Singapura yang memiliki gudang logistik yang luas, Ahok merencanakan bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) untuk membangun pelabuhan dan gudang tersebut.

Topik pilihan: Jokowi | Ahok

"Kawasan Berikat Nusantara (KBN) konfeksi-konfeksikan pada mau pindah nih. Karena tidak sesuai dengan UMP. Kita mau kerja sama dengan BUMN, Pelindo untuk digabungkan agar bisa jadi tempat logistik dan tinggal permasalahan bagi hasil saja," jelasnya.

Soal persaingan tenaga kerja, Ahok sangat percaya diri bahwa tenaga kerja DKI Jakarta mampu bersaing dengan tenaga kerja negara lain. "Kamu kira orang kita bloon? Orang kita itu pinter-pinter loh," tegasnya.

Baca juga:
Belajar sistem online, Ahok kunjungi PLN
Ahok: Tak mungkin harus bangun tembok Berlin agar warga tertib
Dua rumah sakit ini bangun gedung baru tampung pasien KJS
Air kotor, warga Rusun Marunda terserang gatal-gatal
Jokowi setuju bahasa Inggris dihapus di tingkat SD

Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Subscribe and Follow

Temukan berita terbaru merdeka.com di email dan akun sosial Anda.