Ahok dukung Menteri Siti kumpulkan izin amdal pulau reklamasi

Kamis, 14 April 2016 11:00 Reporter : Fikri Faqih
Ahok dukung Menteri Siti kumpulkan izin amdal pulau reklamasi Ahok. ©2013 Merdeka.com/Faqih F

Merdeka.com - Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama menyambut baik rencana Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya akan memeriksa izin amdal reklamasi di utara Jakarta. Harapannya ini menjadi basis data dalam perizinan yang telah dilakukan sebelumnya.

‎"Kami terima kasih pada Menteri LHK dia membantu mengumpulkan data supaya jangan sampai terjadi dampak lingkungan yang merugikan. Jadi sebetulnya soal reklamasi ini tidak ada yang menentang reklamasi sebenernya," ujar Basuki di Balai Kota, Jakarta Utara, Kamis (14/4).

Berdasarka‎n analisa dunia, lanjut pria akrab disapa Ahok, 40 tahun ke depan jika tidak melakukan reklamasi akan terjadi kelaparan. Alasannya, lahan akan semakin sedikit sedangkan jumlah penduduk terus bertambah.

"Maka beruntunglah Indonesia yang punya pulau, kita ini bukan lempeng samudra tapi lempeng benua makanya cetek," terang mantan politisi Gerindra ini.

Dengan landasan tersebut maka Ahok akan melanjutkan reklamasi 17 pulau sepanjang pantura. Asalkan, lingkungan hidup di sekitar reklamasi tidak terganggu.

"Reklamasi akan jalan. Seluruh dunia akan lakukan reklamasi, yang penting tidak merusak lingkungan terus mesti adil. jangan membebani rakyat dan negara. Dan rakyat dapat apa ini penting," tutupnya.

Sebelumnya, Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya mengambil sikap terkait reklamasi di Teluk Jakarta. Izin Amdal proyek reklamasi akan diperiksa. "Dengan perkembangan yang terjadi, setelah kami pelajari, kita akan mengambil langkah semua review semua Amdal, termasuk yang sudah dibangun di pulau C dan sebagian pulau D, termasuk pulau G dan lain-lain," jelas Siti di Kantor Menko Perekonomian, Jakarta, Selasa (12/4). [rhm]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini