Agar Sehat dan Terhindar Corona, Tahanan Polda Metro Jaya Dijemur Tiap Pagi

Kamis, 26 Maret 2020 11:45 Reporter : Nur Habibie
Agar Sehat dan Terhindar Corona, Tahanan Polda Metro Jaya Dijemur Tiap Pagi Ilustrasi penjara. ©2012 Shutterstock/rook76

Merdeka.com - Di tengah wabah virus Corona atau Covid-19, Polda Metro Jaya memastikan pihaknya tetap menjaga kesehatan para tahanan. Salah satu caranya, dengan menjemur para tahanan agar mereka mendapatkan sinar matahari sehingga terhindar dari virus Corona.

"Sampai saat ini kondisi kesehatan semua tahanan Polda Metro dan anggota kami Alhamdulillah sehat, belum ada yang terpapar virus tersebut (moga-moga jangan sampai)," kata Direktur Tahti Polda Metro Jaya, AKBP Barnabas, Jakarta, Kamis (26/3).

Selain itu, pihaknya rutin melakukan penyemprotan disinfektan rumah tahanan. Termasuk mengecek suhu tubuh.

"Kita sudah lakukan semua upaya untuk melakukan pencegahannya baik sosialisasi, penyemprotan disinfektan, pemeriksaan kesehatan rutin dari dokkes polda, social distancing, olahraga, tahanan dijemur waktu pagi, pengecekan suhu tubuh,bersih-bersih seluruh sel-sel dan lingkungan rutan dan sebagainya," jelasnya.

Beberapa waktu ke depan, kata dia, jadwal besuk juga ditiadakan dalam rangka memutus sebaran virus corona.

"Sampai kita berlakukan penutupan besukan tahanan untuk sementara," ujarnya.

Sebelumnya, Polda Metro Jaya melakukan antisipasi terkait penyebaran wabah virus Covid-19 atau corona. Salah satunya dengan memperketat jam besuk tahanan yang berada di rumah tahanan Direktorat Tahanan dan Barang Bukti (Dit Tahti) Polda Metro Jaya.

Direktur Tahti Polda Metro Jaya AKBP Barnabas mengatakan, pihaknya melakukan pembatasan jam besuk yang kini sudah mulai diterapkan. Biasanya, para pembesuk tahanan bisa menjenguk pada hari Senin hingga Kamis.

"Tadinya (waktu besuk) hari Senin sampai dengan Kamis, menjadi hari Senin dan Kamis saja," kata Barnabas saat dikonfirmasi, Selasa (17/3).

Tak hanya mengurangi hari untuk membesuk para tahanan saja, pihaknya juga memotong waktu para pembesuk dalam berkunjung. Kini, para pengunjung tahanan hanya diberikan waktu maksimal 30 menit.

"Ada pembatasan waktu kunjung yaitu maksimal 30 menit," sebutnya. [lia]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini