Ada Sekolah Siap Terapkan Belajar Normal, DKI Kaji Proses Pembelajaran Selama Pandemi

Jumat, 15 Mei 2020 10:22 Reporter : Yunita Amalia
Ada Sekolah Siap Terapkan Belajar Normal, DKI Kaji Proses Pembelajaran Selama Pandemi Belajar di rumah. ©Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta masih mengkaji proses belajar mengajar di tengah pandemi Covid-19. Beberapa sekolah di Jakarta menyatakan siap aktivitas di sekolah, namun sebagian lagi tidak.

"Rancangan yang kami buat dengan beberapa alternatif; sebagian sekolah, semua siswa belajar di sekolah, sebagian sekolah, sebagian siswa belajar di sekolah, semua sekolah, sebagian siswa belajar di rumah dengan kami memberikan beberapa hal pengamatan-pengamatan dan kesiapan-kesiapan," ujar Kepala Dinas Pendidikan DKI Nahdiana dalam rapat bersama Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan dikutip melalui akun Youtube Pemprov DKI, Jumat (15/5).

Nahdiana menuturkan, setiap opsi kegiatan belajar mengajar harus dipastikan kesiapan akomodasinya. Misalnya bagi sekolah yang akan menerapkan kegiatan di sekolah harus dipastikan ketersediaan sanitasi yang baik, mempertimbangkan zona, kesiapan guru-guru.

"Lingkungan sekolah sendiri apakah itu sudah aman, baik internal dan lingkungan sekitarnya apakah masih berada di zona merah dan lain-lain," tuturnya.

Sementara lanjut dia, jika belajar mengajar secara online harus dipastikan kemampuan pengajar dan muridnya mengakses internet. Para pengajar, kata Nahdiana, juga harus memiliki kemampuan atau inovasi belajar mengajar secara online.

"Lalu apakah guru sudah siap mengubah proses pembelajaran yang tadinya jarak jauh ini dengan dilakukan sebagian di sekolah dengan konsep," tandasnya.

Pelaksanaan PPDB secara online akan dibuka pada 15 Juni hingga 9 Juli. Dinas Pendidikan tetap memberikan pelayanan dan fasilitas pendaftaran offline bagi keluarga yang tidak dapat mengakses layanan online.

PPDB diketahui memiliki beberapa jalur yakni zonasi, afirmatif, prestasi, dan kondisi yang mana adanya perpindahan alamat orang tua. [gil]

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini