Ada Calon dari Gerindra, Syarif Yakin Pemilihan Wagub DKI Berjalan Lancar

Selasa, 7 Januari 2020 16:05 Reporter : Muhammad Genantan Saputra
Ada Calon dari Gerindra, Syarif Yakin Pemilihan Wagub DKI Berjalan Lancar Pengambilan sumpah jabatan lima pimpinan DPRD DKI. ©2019 Liputan6.com/Faizal Fanani

Merdeka.com - Anggota DPRD DKI Jakarta Fraksi Partai Gerindra, Syarif optimis kursi Wagub Jakarta akan segera diisi. Dia yakin nama yang akan diajukan oleh PKS dan Gerindra ke DPRD DKI akan membuat proses pemilihan Wagub lancar.

Adapun, Gerindra menyetor empat nama yaitu Ahmad Riza Patria, Arnes Lukman, Ferry Juliantono dan Sekda DKI Saefullah. Sedangkan, PKS menyodorkan Agung Yulianto.

"Kalau ada perubahan calon ya optimis tidak stuck lagi, dengan harapan baru satu PKS, satu Gerindra," kata Syarif saat dihubungi merdeka.com, Selasa (7/1).

1 dari 3 halaman

Sebelumnya, ada dua calon wagub DKI dari PKS yakni Ahmad Syaikhu dan Agung Yulianto. Hingga akhirnya, PKS menarik nama Syaikhu dengan alasan terpilih jadi anggota DPR. Gerindra berencana mengusung satu nama lagi.

Syarif enggan mengomentari kecurigaan Presiden PKS Sohibul Iman yang menyebut DPRD DKI tak menginginkan kader PKS jadi wakil gubernur.

"Saya enggak mau komentar soal itu, nanti menambah panjang polemik, yang paling penting ini solusi kita bisa dipertimbangkan kalau satu PKS, satu Gerindra harapan saya bisa digelar paripurna tidak stuck lagi," ucap Syarif.

Syarif enggan membeberkan mengapa proses pemilihan Wagub di DPRD periode lalu tak kunjung selesai karena hanya dua nama dari PKS. Dia berdalih hanya persoalan teknis saja karena mepet pergantian anggota DPRD periode baru.

2 dari 3 halaman

Dia pun bilang, Gerindra pada DPRD periode lalu sudah menepati janji menyerahkan kursi wagub ke PKS. Tapi prosesnya tidak berjalan. Sehingga kini ada evaluasi dan muncul calon dari Gerindra.

"Sudah ditunaikan janji itu (PKS) ngajuin ke DPRD (dulu) dua nama itu (Agung dan Syaikhu) terus stuck, ya masa yang disalahin Gerindra, kan di DPRD bukan Gerindra saja," ucap dia.

"Kalau dibilang menghambat saya gak bisa komentar, yang menghambat siapa? DPRD? Ya banyak dong berarti yang hambat bukan Gerindra saja," ucapnya.

3 dari 3 halaman

Terlebih, kata Syarif, Gerindra menyerahkan kepada DPP PKS untuk memilih satu dari empat nama dari Gerindra dan PKS untuk menduduki kursi orang nomor dua di DKI.

"Harapan kami bisa diterima PKS dengan mengajukan empat calon dari kita untuk dipilih salah satunya untuk diajukan kepada DPRD, dari PKS satu, dari Gerindra satu. Prosesnya sedang berjalan, kita menunggu keputusan dewan pimpinan pusat PKS untuk satu dari empat nama itu," ucapnya.

Syarif berharap, wagub DKI pengganti Sandiaga Uno sudah ada pada bulan Februari nanti. Dia mengikuti jadwal pimpinan DPRD DKI untuk menggelar paripurna.

"Saya sih mengikuti pendapat Pak Ketua DPRD saja Pak Pras (Prasetio), harapan Pak Pras kan awalnya akhir Januari atau awal Februari sudah bisa digelar Paripurna, cuma karena ada kondisi banjir seperti ini, DKI fokus dulu penanganan pasca banjir, sehingga ada kemungkinan bergeser ke Februari," tandasnya. [rnd]

Baca juga:
Presiden PKS Minta Gerindra Tak Bikin Gaduh Soal Wagub DKI
Sohibul Iman: DPRD Tidak Mau Kader PKS Jadi Wagub DKI
Jadi Anggota DPR, Ahmad Syaikhu Dicabut PKS dari Bursa Cawagub DKI
Tanpa Wagub, Anies Mengaku Tak Kewalahan Tangani Banjir Jakarta
PKS DKI: Januari Jakarta Sudah Punya Wakil Gubernur
Gerindra Usung Riza Patria, PKS Tetap Perjuangkan Kader Jadi Cawagub

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini