6.000 Pasukan orange disebar bersihkan sampah di malam tahun baru

Selasa, 27 Desember 2016 12:39 Reporter : Yayu Agustini Rahayu
6.000 Pasukan orange disebar bersihkan sampah di malam tahun baru Pasukan orange bersihkan monas. ©2016 Merdeka.com/Septian Tri Kusuma

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta akan mendirikan lima panggung besar dalam acara Car Free Night di malam pergantian tahun baru. Panggung hiburan tersebut akan didirikan di sepanjang Jalan Sudirman-Thamrin dengan panggung utama di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI) serta empat panggung pendukung di lapangan futsal Monumen Nasional (Monas), depan Gedung Jaya, Bendungan Hilir (Benhil), serta depan Gedung Chase Plaza.

Kepala Dinas Kebersihan DKI Jakarta, Isnawa Adji mengatakan, memperkirakan acara tersebut bakal disesaki warga dari dalam maupun luar ibu kota. Untuk mengantisipasi hal itu, Dinas Kebersihan DKI mempersiapkan 6.000 personel petugas untuk membersihkan sampah yang berserakan usai cara tersebut.

"Kami akan persiapkan sebanyak 6.000 pasukan orange, kita kerahkan 40 sampai 50 roadsweeper, termasuk yang baru lalu 91 truk kompactor kita kerahkan," kata Isnawa, Selasa (27/12).

Isnawa menjelaskan, nantinya sampah tidak hanya akan banyak dijumpai di titik konsentrasi massa, tetapi juga di jalur-jalur lintasan jalan protokol, flyover underpass, dan lain-lain.

"Kecenderungan menjelang pukul 00.00 WIB, di mana jalanan stuck banyak yang pada berhenti menunggu detik-detik pergantian tahun pasti macet, di situlah potensi banyaknya sampah ditambah," tuturnya.

Selain itu, untuk mengatasi sampah di trotoar, sebanyak 300 gerobak motor akan disiagakan. "Saya menargetkan pada saat rapat dengan semua jajaran kebersihan kota dan kecamatan bahwa Jakarta harus clear paling lambat pukul 06.00 WIB," pungkasnya. [gil]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini