4 Gebrakan Anies percantik Ibu Kota jelang Asian Games

Rabu, 1 Agustus 2018 06:46 Reporter : Syifa Hanifah
4 Gebrakan Anies percantik Ibu Kota jelang Asian Games Hari pertama Anies-Sandi. ©2017 Merdeka.com/Muhammad Luthfi Rahman

Merdeka.com - Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan-Sandiaga Uno terus berbenah menyambut Asian Games yang sebentar lagi dimulai pada 18 Agustus 2018. Persiapan demi persiapan dimatangkan agar tidak terjadi kesalahan. Itu semua dilakukan untuk memberikan kesan nyaman kepada para tamu yang berasal dari seluruh Asia. Dan Jakarta menjadi tempat perhelatan Asian Games selain Palembang.

Banyak pembenahan dilakukan. Mulai dari membenahi transportasi umum, mengurangi tingkat kemacetan, sampai mempercantik wajah ibu kota. Semua dilakukan untuk mensukseskan Asian Games. Berikut ini cara Pemprov DKI mempercantik Ibu Kota jelang Asian Games:

1 dari 4 halaman

Pemprov DKI percantik jalur Pedestrian

Konsep penataan trotoar Jalan Sudirman-Thamrin. ©2018 Merdeka.com/Syifa Hanifah

 Salah satu cara yang dilakukan Pemprov DKI yakni dengan memberikan rasa nyaman dan aman bagi pejalan kaki. Jalur khusus pejalan kaki atau jalur pedestrian sepanjang jalan Sudirman-Thamrin diperluas guna masyarakat dan warga nyaman saat berjalan kaki. Khusus bagi difabel Anies-sandi juga telah menyiapkan fasilitas seperti jalur yang berwarna kuning untuk mempermudah difabel.

Bukan hanya diperluas sepanjang pendestrian juga diberi bangku-bangku untuk menambah kesan nyaman, ditambah dengan tanaman-tanaman dan rumput-rumput yang ditanam di sekitar pedestrian membuat pendestrian asli dan terlihat indah.

2 dari 4 halaman

Kampung warna-warni

Kampung warna-warni di Jalan Sunter Kemayoran. ©2018 Liputan6.com

 Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengajak masyarakat ibu kota untuk memperindah kampung-kampung dan wilayah tempat tinggalnya mereka. Salah satunya yang terlihat di Jalan Sunter Kemayoran RW 07 Kebun Kosong, Kemayoran, Jakarta Pusat. Kampung ini telah disulap menjadi kampung warna-warni. Jika diperhatikan, kampung ini memang berada tepat di seberang Wisma Atlet Kemayoran, di mana tempat para atlet nantinya akan tinggal selama Asian Games berlangsung.

Kampung ini menjadi meriah berwarna-warni. Rumah-rumah terlihat tidak hanya sekadar dicat, tetapi juga digambar agar terlihat cantik dan menarik. Jalan-jalan di gang pun juga tampak indah karena berwarna-warni. Ada bunga cantik, hingga tokoh kartun ada di jalan juga tembok rumah. Maskot Asian Games juga tergambar di tembok rumah warga. Begitu pula gema semangat untuk menyemangati para atlet. Berada persis di pinggir Kali Kali Sentiong atau Kali Hitam, kampung ini memang terlihat indah dan cantik berwarna-warni. Tembok pinggir kali juga dicat aneka warna.

3 dari 4 halaman

Membongkar JPO

JPO Bundaran HI. ©2018 Liputan6.com/Arya Manggala

Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI Jakarta telah membongkar jembatan penyeberangan orang (JPO) di dekat bundaran Hotel Indonesia (HI). JPO itu dinilai menghalangi pemandangan patung selamat datang. Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan mengatakan dengan dibongkarnya JPO para tamu dan peserta Asian Games 2018 dapat melihat patung selamat datang. Usai patung tersebut dibongkar, Anies berharap, pemandangan akan semakin menarik.

"Sekarang dengan JPO nanti diturunkan, semua orang yang lewat dari Jalan Thamrin ke arah Sudirman akan bisa melihat patung ini juga seperti semula," jelasnya.

Kendati dibongkar, Pemprov DKI Jakarta telah membangun Pelican crossing. Pelican Crossing merupakan fasilitas penyeberangan yang dilengkapi dengan lampu lalu lintas. Biasanya dilengkapi dengan tombol untuk mengaktifkan lampu lalu lintas, bila tombol dipencet maka beberapa saat kemudian lampu bagi pejalan kaki diaktifkan dan menjadi hijau bagi pejalan kaki, dan merah untuk lalu lintas kendaraan.

4 dari 4 halaman

Kali item dipasang jaring

Kali Item ditutup kain hitam. ©Liputan6.com/Arya Manggala

Kali Sentiong atau populer dengan Kali Item kini sudah berbenah setelah mendapat sorotan dengan bau menyengat dan berdekatan dengan wisma para atlet yang akan berlaga saat Asian Games. Untuk menghilang bau berbagai cari Pemprov DKI lakukan mulai dari memasang jaring hitam sampai kali item diguyur 500 kg serbuk penghilang bau.

Terlebih kali item bersebrangan dengan Wisma atlet dimana nantinya atlet-atlet dari berbagai negara akan tinggal di sana. Dengan cara seperti ini diharapkan dapat mengurangi bau busuk dan memberikan kesan nyaman. [has]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini