300 Tahanan di Polda Metro Jalani Swab Test Covid-19

Senin, 28 September 2020 20:33 Reporter : Merdeka
300 Tahanan di Polda Metro Jalani Swab Test Covid-19 Ilustrasi swab test atau tes usap COVID-19. ©2020 Merdeka.com/usar.army.mil

Merdeka.com - 300 Tahanan di Rumah Tahanan (Rutan) Polda Metro Jaya menjalani swab test Covid-19. Swab test tersebut dilakukan sejak pukul 08.00 Wib, pada Senin (28/9).

Direktur Tahanan dan Barang Bukti (Dirtahti) Polda Metro Jaya AKBP Rahmat mengatakan, test swab terhadap sejumlah tahanan tersebut bekerjasama dengan beberapa instansi terkait.

"Itu kita kerjasama dengan Dinas Kesehatan, dokter Kamwil Kementerian Hukum dan HAM, Kejaksaan dan Bidang Kedokteran dan Kesehatan (Biddokkes) Polda Metro Jaya. Mulai jam 08.00 WIB sampai selesai," kata Rahmat kepada wartawan, Senin (28/9).

Ia menjelaskan, alasan pihaknya melakukan swab terhadap para tahanan tersebut. Karena pada saat proses pelimpahan tahanan itu, sudah diketahui apakah mereka terpapar Covid-19 atau tidak.

Karena, ia tak ingin ketika ada tahanan yang telah dilimpahkan tersebut ternyata dikembalikan lagi ke Polda Metro Jaya akibat dinyatakan positif Covid-19

"Tujuannya pada proses mereka pelimpahan ke lapas, 300 ini tahanan yang berstatus vonis, A3 dalam proses sudah pindah. Karena over kapasitas ini kan sudah 100 persen," jelasnya.

"Jadi kita sambil jalan, sebab kalau kita rapid saja, sampai di sana dibilang positif lalu balik lagi. Padahal dia juga tidak apa-apa, disana padahal ada tempatnya isolasi," tutupnya. [eko]

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Covid 19
  3. Jakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini