2 Plasma nano bubble dipasang untuk hilangkan bakteri bau di Kali Item

Kamis, 2 Agustus 2018 13:04 Reporter : Merdeka
2 Plasma nano bubble dipasang untuk hilangkan bakteri bau di Kali Item LIPI pasang teknologi plasma nano di Kali Item. ©Liputan6.com/Radityo

Merdeka.com - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta terus berupaya menghilangkan bau dan pemandangan tak sedap dari Kali Sentiong atau biasa disebut Kali Item, Kemayoran, Jakarta Pusat. Setelah memasang jaring dan nano bubble, kali ini dua alat plasma bubble dipasang di Kali Item.

Pemasangan dilakukan oleh petugas dari Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI). Pemasangan plasma nano bubble diperuntukkan menghilangkan bakteri penyebab bau di Kali Item.

"Dua fungsi dalam satu alat, bedanya dengan nano bubble ini ada plasma berfungsi menguraikan bakteri bau, mengurai organiknya dan oksigen juga kita masukan," kata Kepala Balai Pengembangan Instrumentasi LIPI, Anto Tri Sugiarto, ditemui di Kali Item, Kemayoran, Jakarta Pusat, Kamis (2/7).

Anto menjelaskan, untuk setiap plasma-plasma nano bubble tersebut digadang mampu menjangkau maksimal di 20 meter persegi bagian kali. Sehingga, secara total dibutuhkan 20 unit plasma nano bubble untuk menangani kondisi kali.

"Jadi satu unit bisa radius 20 meter persegi, berarti ini kan baru 40 meter, berarti total harus 20 unit untuk 700 meter," ujar dia.

Cara ini diharap bisa membantu menyukseskan perhelatan Asian Games 2018, dan mendapat perhatian kerjasama dengan dinas terkait untuk ke depannya.

Sebelumnya, usaha menghilangkan bau juga telah dilakukan sekelompok masyarakat dari Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) dengan menyebarkan 500 kilogram serbuk penghilang bau.

"Biasanya serbuk ini bisa mengurangi bau dalam waktu seminggu. Kita lihat dulu nanti yang pertama ini hasilnya bagaimana. Kalau positif akan kita lanjutkan," ujar Ketua Pelaksana Suwardi di lokasi, Minggu 29 Juli 2018.

Reporter: Muhammad Radityo Priyasmono

Sumber: Liputan6.com [gil]

Berikan Komentar
Komentar Pembaca

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini