1.790 Pendaftar Lolos Pengajuan Kredit Hunian DP Rp0, Diutamakan Berkeluarga

Rabu, 24 Juli 2019 12:46 Reporter : Merdeka
1.790 Pendaftar Lolos Pengajuan Kredit Hunian DP Rp0, Diutamakan Berkeluarga Rusun DP 0 Rupiah Klapa Village. ©2018 Merdeka.com/Iqbal S. Nugroho

Merdeka.com - Proyek pembangunan rumah DP nol Rupiah di Klapa Village, Jakarta Timur, hampir rampung. Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan, pembangunan bisa segera rampung sehingga pada Agustus mendatang proses akad bisa dilangsungkan.

Sejalan dengan finalisasi pembangunan, proses verifikasi warga yang mendaftar juga terus dilakukan. Sebanyak 1.790 orang pendaftar dinyatakan telah memenuhi syarat melanjutkan proses akad.

"Sesuai Peraturan Gubernur 104/2018, Program Samawa Rumah DP 0 Rupiah ditargetkan untuk Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR) DKI Jakarta yang memenuhi persyaratan. Sehingga Program ini menerapkan proses seleksi kepada calon penghuni, untuk memastikan kesesuaian dengan syarat," kata Kepala Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman, Kelik Indriyanto, di Balai Kota Jakarta, Rabu (24/7).

Ditambahkan Kepala UPT Fasilitasi Pemilikan Rumah Sejahtera, Dzikran Kurniawan, mereka lolos dibagi dalam dua kategori. Yaitu prioritas pertama 899 pendaftar dan prioritas kedua 891 pendaftar.

"Prioritas pertama adalah mereka yang telah menikah atau berkeluarga, karena program ini adalah untuk rumah pertama keluarga," ucapnya

Menurut Dzikran, pada pertengahan atau akhir Agustus 2019, nama-nama yang pengajuan kreditnya disetujui oleh Bank DKI dapat diumumkan dan akan dapat diadakan acara akad kredit.

Diketahui, sejak pendaftaran dibuka November 2018 lalu, telah mendaftar sebanyak 2.359 orang. Namun, melalui proses seleksi dan verifikasi Pemprov, hanya 1.790 orang yang memenuhi kriteria.

Adapun pembangunan fisik oleh PD Sarana Jaya sudah mendekati selesai. Saat ini hanya penyelesaian sarana dan prasarana pendukung fasilitas publik antara lain, Lift, Taman, Ruang ibadah (musholla), Ruang terbuka, serta Parkir motor dan parkir terbatas mobil (sesuai ketentuan Rusunami).

Nantinya para penghuni DP0 akan mendapat Sertifikat Hak Milik serta akan akan mencicil dengan bunga fixed 5 persen per tahun selama 15 atau 20 tahun.

Reporter: Delvira Hutabarat

Sumber: Liputan6.com [lia]

Komentar Pembaca

Merdeka.com sangat menghargai pendapat Anda. Bijaksana dan etislah dalam menyampaikan opini. Pendapat sepenuhnya tanggung jawab Anda sesuai UU ITE.

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini