10 Pasar di Jakarta Bakal Direvitalisasi dan Dibangun Ulang

Jumat, 23 September 2022 04:00 Reporter : Lydia Fransisca
10 Pasar di Jakarta Bakal Direvitalisasi dan Dibangun Ulang Aktivitas perdagangan di Pasar Senen. ©2022 Liputan6.com/Angga Yuniar

Merdeka.com - Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Pasar Jaya tengah membangun dan merevitalisasi 10 pasar yang tersebar di wilayah DKI Jakarta. Adapun pembangunan ulang dan revitalisasi dilakukan pada Perumnas Klender, Hexagon Pasar Ikan Luar Batang, Petojo Enclek, Cilincing, Gandaria, Sumur Batu, Jati Rawasari, Kalideres, Kombongan, Kwitang Dalam.

“Yang direvitalisasi itu Perumnas Klender. Terus, dalam proses pembangunan itu Hexagon Pasar Ikan Luar Batang, Petojo Enclek, Cilincing, Gandaria, Sumur Batu, Jati Rawasari, Kalideres, Kombongan, Kwitang Dalam,” kata Manajer Humas Perumda Pasar Jaya Gatra Vaganza kepada wartawan, Kamis (22/9).

Meskipun demikian, bangunan Petojo Enclek dan Hexagon Pasar Ikan Luar Batang akan tetap dipertahankan sebagaimana mestinya karena merupakan cagar budaya.

“Kalau yang lain, dengan desain baru, kita bisa sesuaikan. Kalau ini, kan engga boleh ubah bangunan aslinya. Kita engga boleh ubah. Kita tetap pertahankan bangunan aslinya. Mungkin suasana yang bisa dirubah,” tambah Gatra.

2 dari 2 halaman

Kemudian, selain Pasar Perumnas Klender, seluruhnya akan diterapkan konsep zero run off. Lalu, untuk anggaran, diperkirakan sebesar Rp15-20 miliar untuk satu pasar.

“Berbeda treatnya (perlakuannya). Yang sembilan itu memang kita bangun secara berbeda. Karena ini (Perumnas Klender) sifatnya revitalisasi, umur usia bangunannya masih ada, masih bisa dioptimalkan kembali. Makanya tidak sama dengan yang lain,” jelas Gatra.

Untuk tahun ini, terdapat empat pasar yang ditargetkan rampung proses pembangunan ulang dan revitalisasinya.

“Ada empat pasar yang akan selesai tahun ini, (yaitu) Sumur Batu, Cilincing, Perumnas Klender, (dan) Kalideres,” kata Gatra.

Baca juga:
Pemprov DKI Tetapkan Jalan Pasar Baru Sebagai Kawasan Cagar Budaya
Anies Pastikan Pangan Murah Bersubsidi Diterima 1,1 Juta Warga DKI Jakarta
Selain JIS, Anies Gunakan Konsep Zero Run Off Kendalikan Banjir di Pasar Cipinang
Mimpi Anies Ubah Pasar Jadi Tempat Wisata
Anies Peringatkan Kepala Pasar Nakal: Jangan Lihat Peluang Perkaya Diri, Hentikan
Anies Dorong Program Berbelanja ke Pasar Bawa Anak, Ini Tujuannya
Anies Izinkan Perluasan Daratan di Kepulauan Seribu, Apa Bedanya dengan Reklamasi?

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini