Warga Miskin Sukabumi Diminta Tak Andalkan Bantuan Pemerintah, Pemkot Ungkap Ini

Sabtu, 1 Oktober 2022 13:05 Reporter : Rizka Nur Laily M
Warga Miskin Sukabumi Diminta Tak Andalkan Bantuan Pemerintah, Pemkot Ungkap Ini Ilustrasi kemiskinan. ©2013 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Pemerintah Kota Sukabumi, Jawa Barat, mendorong keluarga tidak mampu penerima manfaat program keluarga harapan (PKH) dari pemerintah pusat tidak selalu mengandalkan bantuan.

Lebih lanjut, Pemerintah Kota Sukabumi mendorong para keluarga penerima manfaat agar mandiri secara ekonomi.

"Para penerima manfaat dari program PKH kami dorong agar bisa menciptakan kreativitas dan mampu berinovasi meningkatkan perekonomian keluarga. Sehingga bisa hidup mandiri dan tidak selalu mengandalkan bantuan," tutur Wali Kota Sukabumi Achmad Fahmi di Sukabumi, Sabtu (1/10/2022).

2 dari 3 halaman

Tingkatkan Kesejahteraan

menerima dana pkh

©2017 merdeka.com/arie basuki

Fahmi mengungkapkan, tujuan penyaluran bantuan PKH ialah untuk meningkatkan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat.

Pemkot Sukabumi mengimbangi tujuan pemerintah pusat dengan menggelar pelatihan rutin untuk para keluarga penerima manfaat agar ke depannya bisa hidup mandiri.

Pelatihan tersebut bertujuan untuk membuka wawasan mereka agar bisa menjalani kehidupan dengan lebih baik serta keluar dari garis kemiskinan. Alih-alih mengharapkan terus mendapatkan bantuan.

3 dari 3 halaman

Warga Miskin Berkurang

ilustrasi kemiskinan
©2013 Merdeka.com/Arie Basuki

Sementara itu, Fahmi menjelaskan, kini jumlah masyarakat miskin di setiap daerah berkurang lantaran jumlah warga yang masuk dalam data penerima bantuan pemerintah juga berkurang.

"Penerima manfaat PKH harus bisa memanfaatkan bantuan sebaik mungkin dan bisa mencontoh mantan keluarga penerima manfaat yang saat ini sudah keluar dari garis kemiskinan seperti menjadi pelaku usaha mikro, kecil dan menengah (UKM)," imbaunya, dikutip dari Antara.

Kepala Dinas Sosial Kota Sukabumi Punjul Saepul Hayat mengungkapkan, Pemkot Sukabumi membuat berbagai program sebagai upaya pengentasan kemiskinan. Salah satunya memberikan penyuluhan dan pelatihan kepada keluarga penerima manfaat agar bisa mengembangkan setiap potensi yang mereka dimiliki.

Menurut dia, setiap penerima manfaat harus mampu mengembangkan kreativitas dan inovasi dalam diri masing-masing agar bisa keluar dari garis kemiskinan, sehingga bisa menjadi manusia mandiri.

[rka]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Jawa Barat
  3. Jabar
  4. Berita
  5. PKH
  6. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini