Tagih Komitmen Indonesia di COP21, Kelompok Anak Muda Ini Gelar Aksi Digital Unik

Jumat, 11 Desember 2020 15:33 Reporter : Siwi Nur Wakhidah
Tagih Komitmen Indonesia di COP21, Kelompok Anak Muda Ini Gelar Aksi Digital Unik Aksi XR Indonesia. ©2020 Merdeka.com/DOK. XR Indonesia

Merdeka.com - Jelang KTT Climate Ambition Summit 2020 yang akan digelar besok, Sabtu (12/12) secara daring, tagar #FightFor1Point5 ramai di media sosial, khususnya Twitter. Aksi ini merupakan aksi digital yang diinisiasi oleh sekelompok anak muda di seluruh dunia, yang peduli terhadap krisis iklim.

Di Indonesia, aksi ini dipelopori tiga kelompok anak muda sadar iklim, Extinction Rebellion Indonesia (XR), Wahana Lingkungan Hidup Indonesia (WALHI) dan Jaga Rimba. Melalui siaran pers bersamanya, mereka menuntut keseriusan pemerintah Indonesia dalam menangani persoalan iklim.

Indonesia telah menandatangani Persetujuan Paris pada COP-21, 2015 silam. Dalam persetujuan itu, Indonesia menyatakan komitmen untuk mengurangi Emisi Gas Rumah Kaca (GRK) 29% di bawah Business As Usual (BAU) pada tahun 2030 dan sampai dengan 41% dengan bantuan internasional.

Namun, menurut Novita, perwakilan dari Extinction Rebellion Indonesia, pemerintah dinilai kurang serius dalam menjalankan komitmen tersebut.

Baca Selanjutnya: Tagih Komitmen COP21...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini