Mengenal Sosok Ibunda Jokowi Sudjiatmi Notomiharjo, Perempuan Desa yang Bersahaja

Kamis, 26 Maret 2020 11:12 Reporter : Novi Fuji Astuti
Mengenal Sosok Ibunda Jokowi Sudjiatmi Notomiharjo, Perempuan Desa yang Bersahaja Ibunda Presiden Joko Widodo alias Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Selimut duka tengah erat menyelimuti Presiden Joko Widodo sekeluarga. Ibunda tercinta, Sudjiatmi Notomiharjo menghembuskan napas terakhir pada pukul 16.45, Rabu (25/3/2020) di Solo, Jawa Tengah dalam usia 77 tahun. Banyak orang mengucapkan bela sungkawa sedalam-dalamnya atas meninggalnya Ibunda Jokowi.

Ibunda Jokowi, Sudjiatmi Notomiharjo, merupakan sosok yang tangguh dan kuat. Semasa hidupnya, Ibunda Jokowi senantiasa selalu mendukung langkah Jokowi untuk berada di jalur politik.

Pada 20 Oktober 2019, Ibunda Jokowi terlihat menghadiri pelantikan sang anak yang resmi menjadi presiden untuk kedua kalinya. Berikut sosok Ibunda Jokowi yang merdeka.com dari Liputan6.com, Kamis (26/3/2020).

1 dari 2 halaman

Ibunda Jokowi Sosok yang Bersahaja

joko widodo sudjiatmi notomiharjo

joko widodo sudjiatmi notomiharjo

2018 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

"Selain dikenal tangguh, Ibunda Jokowi juga merupakan sosok yang bersahaja, hal itu terlihat dari perjuangannya di masa lalu berjualan bambu demi menyambung hidup. Ibu ikut turun tangan membantu bapak berjualan bambu dan dari wajahnya saya temukan semangat besar," kata Jokowi ditulis Alberhiene Endah dalam biografi Jokowi Memimpin Kota Menyentuh Jakarta.

Sikapnya yang bersahaja juga tercermin dari setiap dukungannya untuk Jokowi baik di kala senang maupun susah. Ibunda Jokowi juga merupakan sosok ibu yang selalu menguatkan anaknya ketika berada di titik susah dalam hidup.

Ibunda juga selalu mengajarkan Jokowi untuk selalu ikhtiar di setiap usahanya bahkan ketika usaha mebel yang dirintis Jokowi mengalami kegagalan.

"Ketika usaha saya bangkrut juga ibu yang menguatkan dengan senyum yang sangat ikhlas. Seakan mengatakan untuk terus, terus berikhtiar, terus tetap berikhtiar," ujar Presiden Jokowi.

2 dari 2 halaman

Sosok Ibu yang Sederhana dan Penuh Kasih Sayang

joko widodo sudjiatmi notomiharjo

2018 Liputan6.com/Helmi Fithriansyah

Jokowi mengenang kehidupan keluarganya yang dulu sangat sederhana tinggal di rumah berdinding anyaman bambu yang sempit dan hanya menyisakan sedikit ruang untuk tidur dan duduk. Selebihnya berisi potongan kayu gergajian dan bambu yang merupakan usaha ayah dan Ibu Jokowi saat itu untuk menyambung hidup.

Jokowi kecil juga melihat ibunya sangat cekatan menjalankan usaha tersebut. Selain mengangkat bambu dan melayani pembeli, Sudjiatmi juga kadang ikut menggotong potongan bambu yang tidak ringan. Meskipun begitu ibunya tetap memperhatikan penuh anak-anaknya.

"Dia betul-betul perempuan yang ngopeni anak-anaknya. Kami tercukupi oleh perhatian sejak bangun tidur, hingga tertidur lagi di malam hari," kenang Jokowi.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini