Sejarah 21 Desember: Peluncuran Apollo 8, Misi untuk Mencapai Orbit Bulan

Senin, 21 Desember 2020 06:00 Reporter : Andre Kurniawan
Sejarah 21 Desember: Peluncuran Apollo 8, Misi untuk Mencapai Orbit Bulan Sejarah 21 Desember: Peluncuran Apollo 8. nasa.gov

Merdeka.com - Mungkin Anda pernah melihat foto bumi yang seolah-olah diambil dari permukaan bulan. Ketahuilah bahwa foto tersebut bukanlah rekayasa atau hasil editan, melainkan foto yang diambil dalam program Apollo 8 yang diluncurkan pada 21 Desember 1968.

Dilansir dari space.com, Apollo 8 adalah misi awak kedua dari program Apollo dan menjadi misi pertama untuk membawa manusia ke bulan. Misi enam hari ini dimulai pada 21 Desember 1968, dengan awaknya yang terdiri dari Frank Borman, Jim Lovell, dan Bill Anders. Penerbangan tersebut, juga termasuk hari mereka akan mengorbit bulan, di mana para astronot mengambil gambar "Earthrise", salah satu foto bumi paling ikonik yang pernah diambil.

Misi bersejarah ini terjadi karena keputusan di menit-menit akhir dari manajemen NASA. Awalnya, badan antariksa tersebut berencana untuk menguji komponen bulan dan modul komando dari pesawat ruang angkasa Apollo terlebih dahulu sebelum menuju ke bulan.

Pada saat itu, Amerika Serikat dan Rusia terlibat dalam "perlombaan luar angkasa", yang berusaha menunjukkan prestasi teknologi mereka dalam mengeksplorasi ruang angkasa. Dan NASA ingin mengambil langkah yang diperlukan untuk membawa orang Amerika ke bulan secepat mungkin dengan tetap memperhatikan keselamatan kru. Tetapi mengirim Apollo 8 ke orbit bulan setelah hanya satu misi Apollo sebelumnya, yang tetap berada di orbit Bumi, merupakan keputusan yang sulit.

Keputusan itu semakin diperumit oleh kebutuhan Apollo 8 akan roket yang lebih kuat, yang disebut Saturn V, yang belum pernah diuji pada peluncuran awak. Tapi setelah berbulan-bulan diskusi, NASA memutuskan untuk melanjutkan misi bulan Apollo 8 pada 10 November, sekitar sebulan sebelum peluncuran.

Komandan pesawat ruang angkasa Borman dan awak kapal Lovell, yang juga merupakan rekan awak dalam misi Gemini 7, bertujuan untuk menguji ketahanan. Mereka menghabiskan hampir 14 hari tinggal bersama di pesawat ruang angkasa kecil.

Sedangkan awak ketiga misi tersebut, Anders, adalah mantan pilot pesawat tempur di Angkatan Udara AS. Dia belum pernah terbang ke luar angkasa sebelumnya, tetapi pernah menjadi anggota kru cadangan untuk Gemini 11.

Baca Selanjutnya: Komandan Jatuh Sakit...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini