Rachmawati Soekarnoputri Meninggal Dunia, 5 Publik Figur Ini Kenang Sosoknya

Sabtu, 3 Juli 2021 16:52 Reporter : Andriana Faliha
Rachmawati Soekarnoputri Meninggal Dunia, 5 Publik Figur Ini Kenang Sosoknya Rachmawati Soekarnoputri. kapanlagi.com

Merdeka.com - Kabar duka kembali menyelimuti Indonesia. Putri ketiga dari Presiden RI pertama Soekarno dan Fatmawati yakni Rachmawati Soekarnoputri meninggal dunia pada Sabtu (03/07). Politisi kondang ini mengembuskan napas terakhir di RSPAD, Gatot Soebroto, Jakarta, pukul 06.15 WIB.

Kabar meninggalnya Rachmawati Soekarnoputri disampaikan oleh Wakil Sekretaris Jenderal Partai Gerindra Andre Rosiade pada hari ini. Andre mengatakan bahwa Rachmawati sempat terpapar virus Covid-19 dan dilarikan ke rumah sakit. Namun, ia mengaku belum mengetahui penyebab meninggalnya.

"Pada 26 Juni diinfokan bahwa beliau positif Covid-19 dan di rawat di RS, belum tahu kenapa" kata Andre dikutip dari Liputan6.com

Kepergian politisi kelahiran 27 September 1950 di usia 70 tahun ini tentu menyisakan duka mendalam bagi masyarakat Indonesia, tak terkecuali para politisi dan beberapa selebriti tanah air. Melalui media sosial masing-masing, tampak mereka membagikan momen kenangan bersama Rachmawati semasa hidupnya.

Berikut momen kenangan publik figur dengan Rachmawati Soekarnoputri merdeka.com rangkum dari berbagai sumber:

2 dari 6 halaman

Sandiaga Uno

Sandiaga Uno merupakan salah satu publik figur yang turut mengucapkan bela sungkawa dan mengenang sosok putri presiden pertama RI itu lewat Instagramnya.

Bersamaan dengan potretnya dan Rachmawati saat berada dalam satu acara, Sandiaga Uno juga menyampaikan ucapan terima kasih atas segala jasa yang telah diberikan oleh Rachmawati untuk bangsa ini.

"Terima kasih atas segala jasa yang engkau telah berikan untuk Bangsa ini. Kami tidak akan pernah lupa semangat juangmu yang tak pernah ada lelahnya. Allahummaghfirlahaa warhamhaa wa’aafiha wa’fu’anhaa 🤲🏻," tulis Sandiaga Uno.

rachmawati soekarnoputri meninggal dunia 5 publik figur ini kenang sosoknya
Instagram/sandiuno©2021 Merdeka.com
3 dari 6 halaman

Fadli Zon

Wakil Ketua Umum Partai Gerindra Fadli Zon juga menyampaikan duka atas meninggalnya Rachmawati Soekarnoputri.

Lewat cuitannya, Fadli mengatakan bahwa ia telah kehilangan seorang teman diskusi. Ia pun mengenang bagaimana sosok Rachmawati semasa hidup. Bagi Fadli, Rachmawati merupakan seorang yang teguh pendirian, berpihak kepada rakyat, dan selalu memikirkan Papua.

"Innalillahi wainnailaihi raajiun. Selamat jalan Mbak Rachmawati Soekarnoputri, sungguh merasa kehilangan teman diskusi di meja makan hampir setiap bulan. Seorg yg teguh pendirian, berpihak pd rakyat n terakhir selalu memikirkan Papua. Insya Allah husnul khotimah. al Fatihah.," tulisnya di Twitter

rachmawati soekarnoputri meninggal dunia 5 publik figur ini kenang sosoknya
Instagram/fadlizon©2021 Merdeka.com
4 dari 6 halaman

Ruben Onsu

Kabar kepergian Rachmawati untuk selama-lamanya juga mengejutkan presenter kondang Ruben Onsu. Melalui Instagramnya, ia pun menyampaikan ucapan duka. Tak lupa, ia juga mengenang momen kedekatannya dengan putri sang proklamator tersebut.

"Selamat Jalan Mbu, aku selalu kangen kita telp an, bercanda , saling cerita dan masih gak percaya denger kabar mbu 
😭😭," tulis Ruben Onsu

rachmawati soekarnoputri meninggal dunia 5 publik figur ini kenang sosoknya
Instagram/ruben_onsu©2021 Merdeka.com
5 dari 6 halaman

Vanessa Angel

Aktris Vanessa Angel yang pernah menjalin kasih dengan putra dari Rachmawati, yakni  Didi Mahardika pun turut mengenang sosok almarhumah. Bagi Vanessa, Rachmawati pernah menjadi ibu yang baik untuknya.

"Innalillahi wa innailaihi rajiun telah berpulang ke rahmatullah orang baik negri ini ibu Rachmawati Soekarno Putri, semoga amal ibadahnya diterima disisiNYA 🙏🏼. Meskipun sebentar tapi wanita ini pernah jadi sosok ibu yg baik untukku dulu, terima kasih ❤️," tulis Vanessa Angel

rachmawati soekarnoputri meninggal dunia 5 publik figur ini kenang sosoknya
Instagram/vanessaangelofficial©2021 Merdeka.com
6 dari 6 halaman

Nia Anggia

Memiliki kedekatan dengan adik almarhumah Julia Perez yakni Nia Anggia, kepergian ibu sambung Anjasmara ini tentu menyisakan duka mendalam untuknya. Terlebih, Nia sudah menganggap Rachmawati Soekarnoputri sebagai orangtuanya sendiri.

Melalui unggahannya di Instagram, Nia pun membagikan momen pertemuannya dengan Rachmawati belum lama ini. Ia mengaku tak menyangka bahwa itu akan menjadi pertemuan terakhirnya dengan almarhumah.

"Terakhir ketemu Mbu (panggilan sayang ibu rachma) 14 mei kemarin..Beliau tlp aku minta ketemu katanya kangen gak nyangka ternyata itu pertemuan terakhir kita😭😭😭😭
Selamat jalan Mbu semoga kau tenang disana, segala amal ibadah diterima Allah dan dihapus segala dosanya.  Aku sayang Mbu seperti ibuku sendiri😩😩😩😭😭😭😭," tulis Nia Anggia

rachmawati soekarnoputri meninggal dunia 5 publik figur ini kenang sosoknya
Instagram/niaanggia©2021 Merdeka.com
[anf]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini