Potret Serabi Piala Dunia di Purwakarta, Besarnya 5 Kali Lipat dari Ukuran Normal

Senin, 5 Desember 2022 11:33 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Potret Serabi Piala Dunia di Purwakarta, Besarnya 5 Kali Lipat dari Ukuran Normal Surabi unik bertema piala dunia di Purwakarta. ©2022 YouTube Liputan6 SCTV/Merdeka.com

Merdeka.com - Adonan berbahan dasar tepung beras dan parutan kelapa tampak dituangkan ke dalam sebuah cetakan tanah liat oleh Dyan Rusiana. Ia merupakan pemilik kedai jajanan serabi di wilayah Sadang, Purwakarta, Jawa Barat.

Baru-baru ini, inovasinya serabi edisi Piala Dunia buatannya berhasil mencuri atensi publik. Dyan membuat jajanan serabi bertema Piala Dunia dengan menambahkan motif toping bergambar bendera dari berbagai negara peserta lengkap dengan pialanya. Serabi tersebut ia jual di warungnya yang bernamaGapura Surabi Kang Dyan.

“Saya membuat serabi ini untuk memeriahkan Piala Dunia 2022 di Qatar ini,” kata Dyan seperti dilansir dari Youtube SCTV.

2 dari 4 halaman

Ukurannya Lima Kalilipat dari Normal

surabi unik bertema piala dunia di purwakarta

©2022 YouTube Liputan6 SCTV/Merdeka.com

Dyan mengaku sangat menyukai sepak bola dan ingin menyemarakkan Piala Dunia yang kini tengah berlangsung. Ia pun lantas membuat serabi khusus Piala Dunia dengan ukuran yang tidak biasa.

Menurut pria 42 tahun itu, serabi hasil inovasinya ini berukuran sekitar 30 cm, atau lima kali lebih besar dari eurabi normal pada umumnya. Serabi ini pun cocok dimakan beramai-ramai saat nonton bareng.

“Di tengah serabi besar itu saya buat replika piala yang mana piala ini kan selalu menjadi incaran dari para pemain dunia yang berlaga di lapangan,” ujar pria bertopi itu.

3 dari 4 halaman

Bergambar Bendera dari Negara-negara Peserta

surabi unik bertema piala dunia di purwakarta
©2022 Instagram Surabi Gapura Kang Dyan/Merdeka.com

Selain membuat serabi besar dengan toping piala di atasnya, Dyan juga memuat serabi ukuran biasa dengan tema yang sama.

Untuk surabi ukuran biasa, Dyan menghiasnya dengan gambar bendera dari sejumlah negara peserta Piala Dunia. Bendera itu ia gambar dengan selai buah, sesuai warna bendera dari negara masing-masing.

“Tingkat kesulitannya adalah pada saat menggambar benderanya, sehingga saya buat hanya beberapa saja dan tidak semuanya, seperti Polandia, Belgia, Jepang hingga Senegal,” jelasnya.

4 dari 4 halaman

Gunakan Bahan Alami

surabi unik bertema piala dunia di purwakarta
Serabi unik bertema piala dunia di Purwakarta ©2022 Instagram Surabi Gapura Kang Dyan/Merdeka.com

Meski penampilan serabi buatannya tampak mencolok dengan berbagai warna bendera negara peserta Piala Dunia, Dyan memastikan jika serabinya aman dikonsumsi. Ia mengaku hanya memakai bahan alami dan tak sembarangan memakai bahan sehingga kualitas dan rasanya tetap terjaga.

Beberapa bahan tambahan yang ia gunakan di antara mayones, saus, fla, serta beberapa jenis selai buah lembut. Dyan berharap inovasi surabinya ini mampu mengenalkan kekayaan makanan tradisional khas Jawa Barat yakni serabi, sehingga tidak kalah dengan makanan luar negeri.

surabi unik bertema piala dunia di purwakarta
Serabi kurma edisi Ramadan ©2022 Instagram Surabi Gapura Kang Dyan/Merdeka.com

Sebelumnya, ia juga sempat berinovasi dengan berbagai model serabi lainnya dengan menyesuaikan momen yang tengah terjadi seperti surabi kurma saat Ramadan, dan serabi model bendera merah putih saat peringatan kemerdekaan RI 17 Agustus.

[nrd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini