Perbedaan FGD dan LGD dalam Proses Perekrutan, Jangan Sampai Salah

Senin, 26 Oktober 2020 15:14 Reporter : Andre Kurniawan
Perbedaan FGD dan LGD dalam Proses Perekrutan, Jangan Sampai Salah ilustrasi diskusi. mbarendezvous.com

Merdeka.com - Dalam proses perekrutan karyawan, terdapat beberapa tes yang harus dilalui sebelum Anda diterima atau menandatangani kontrak. Tes-tes ini bertujuan untuk melihat dan mengukur kemampuan seseorang, apakah sesuai dengan kriteria atau tidak.

Beberapa tes seleksi yang sering dilakukan adalah tes psikotes, tes bahasa inggris, tes koran, dan masih banyak lagi. Namun ada satu tes yang berupa diskusi untuk menilai kepribadian, kemampuan berpikir, dan kreativitas calon karyawan. Tes ini disebut dengan FGD (Focus Group Discussion) dan LGD (Leaderless Group Discussion).

Dibandingkan dengan beberapa tes lainnya, FGD dan LGD merupakan tes yang jarang ditemui oleh para peserta seleksi. Tes ini biasanya diberikan kepada peserta yang melamar pada posisi Management Trainee dan semacamnya. Meskipun berbeda, namun tidak sedikit yang menganggap FGD dan LGD adalah tes yang serupa.

Bagi Anda yang saat ini akan menghadapi FGD atau pun LGD, ada baiknya jika mencari tahu tentang kedua tes tersebut dan juga perbedaannya. Seperti yang akan kami sampaikan berikut ini, tentang perbedaan FGD dan LGD dalam proses perekrutan karyawan.

Baca Selanjutnya: FGD dan LGD...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini