Pentingnya Dana Darurat di Tengah Pandemi Corona, Ini Penjelasannya

Kamis, 2 April 2020 17:22 Reporter : Miftahul Arifin
Pentingnya Dana Darurat di Tengah Pandemi Corona, Ini Penjelasannya Ilustrasi uang. ©2014 Merdeka.com/shutterstock.com/Anggaradedy

Merdeka.com - Saat ini Indonesia tengah di landa wabah pandemi virus corona. Bahkan pemerintah Indonesia telah memberikan imbauan untuk mengurangi kegiatan di luar ruangan. Masyarakat juga diminta untuk melakukan sosial distancing.

Tentu dengan adanya wabah virus corona membuat pendapatan menjadi tidak menentu. Terlebih hampir sebagian besar masyarakat Indonesia memiliki pekerjaan informal yang mempengaruhi perekonomian warganya menjadi tidak setabil.

Menurut Ligwina Hananto dalam video Youtube QM Financial, Ligwina Hananto menjelaskan pentingnya menyiapkan dana darurat bagi siapa pun. Simpanan dana tersebut bisa digunakan dalam keadaan terdesak. Berikut ini alasan pentingnya dana darurat untuk menghadapi pandemi.

1 dari 4 halaman

Dana Darurat Bisa di Gunakan Saat Terdesak

sering pusing saat cek tagihan rumah tangga

2020 Merdeka.com

Ligwina Hananto yang merupakan seorang perencana keuangan atau financial planner menjelaskan pentingnya dana darurat. Ia menggambarkan dana darurat sebagai jaring pengaman jika keadaan ekonomi sedang tidak menentu.

"Dana darurat ini tentu berfungsi jadi jaring pengaman, kalo kondisi hidup kita, sedang gonjang-ganjing atau amit-amit nggak punya penghasilan maka kita hidup dengan dana darurat" ucap Ligwina Hananto.

2 dari 4 halaman

Kumpulkan Dana Darurat Sesuwai Kebutuhan

012 siti rutmawati

www.ivandimitrijevic.com


Ligwina Hananto dalam videonya menjelaskan bahwa kebutuhan jumlah dana yang di siapkan untuk menyiapkan dana darurat tentu bervariasi sesuai dengan kebutuhan masing.

"Jumlah dana darurat tentu bervariasi, minimal kamu punya satu bulan pengeluaran sebagai dana darurat. Kalo teorinya sih kalo kamu singel, kamu punya empat kali pengeluaran bulanan, kalo kamu sudah berpasangan kamu perlu enam kali pengeluaran bulanan, dan kalo punya anak satu, kali sembilan pengeluaran, dan kalo punya anak dua atau lebih sudah pensiun, freelance dua belas kali pengeluaran bulanan. Tentu ini jumlahnya sangat menakutkan tapi nggak usah kuatir bisa di kumpulkan secara bertahap" jelas Ligwina Hananto.

3 dari 4 halaman

Cara Mengumpulkan Dana Darurat

ilustrasi uang

2014 Merdeka.com

Ligwina Hananto juga menjelaskan bagaimana cara mengumpulkan dana darurat. Dana darurat dapat dikumpulkan sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan. Dana tersebut tidak harus terkumpul dalam waktu singkat.

"Cara mengumpulkannya nggak usah terlalu stres, kalau biaya kamu sepuluh juta sebulan kali dua belas bulan itu kan seratus dua puluh juta, nggak berarti kita harus memenuhi dana seratus dua puluh juta itu dalam waktu yang singkat.

Jadi sebetulnya mengumpulkannya menabung secara rutin, sedikit demi sedikit lama lama menjadi bukit. Jangan lupa bonus THR insentif juga disisihkan sebagian supaya menambah pundi-pundi dana darurat, kalo sampe kepakek dana daruratnya jangan lupa di isi kembali" terang Ligwina Hananto.

4 dari 4 halaman

Cara Menyimpan Dana Darurat

ilustrasi menabung

2012 Merdeka.com/Shutterstock/Bevan Goldswain

Dalam unggah video di youtube QM Financial, Ligwina Hananto juga menjelaskan bagaimana seharusnya menyimpan uang dengan resiko yang redah. Hal itu wajib juga jadi perhatian agar uang tetap aman dan bisa digunakan sewaktu-waktu.

"Menyimpan dana darurat itu harus pada produk yang resikonya rendah dan super likuid, karena saat terjadi kondisi darurat, kita tentu saja nggak bisa toleransi resiko sama sekali, maka biasanya menyimpan dana darurat itu kayak kue lapis, lapisan paling atas adalah tabungan.

Jadi begitu darurat langsung akses uang yang ada di tabungan, lapisan ke dua biasanya menggunakan seperti yang deposito walupun deposito tidak bisa segera dicairkan tapi masih perlu waktu pergi ke bank untuk mencairkannya, yang ke tiga bisa menggunakan reksa dana yang pasar uang.

Nah saat kita menyusun uang di dalam reksa dana di dalam pasar uang ini bisa mencairkannya dalam waktu satu hari, tiga hari atau tujuh hari yang ke empat emas dan logam mulia sebetulnya ini mudah untuk dicairkan hari itu juga kamu pergi ke toko emas bisa langsung cair." jelas Ligwina Hananto.

[mif]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini