Pengertian Tenaga Kerja, Lengkap Beserta Jenis dan Penjelasannya

Jumat, 27 Januari 2023 12:15 Reporter : Jevi Nugraha
Pengertian Tenaga Kerja, Lengkap Beserta Jenis dan Penjelasannya Ilustrasi karyawan. ©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Creativa

Merdeka.com - Pengertian tenaga kerja penting diketahui setiap orang. Dalam kehidupan sehari-hari, tentu sudah tidak asing dengan istilah tenaga kerja. Tenaga kerja merupakan orang-orang yang sangat berpengaruh terhadap roda ekonomi di sebuah negara.

Menurut Undang-Undang No.13 Tahun 2013, ketenagakerjaan adalah semua hal yang berhubungan dengan tenaga kerja sebelum, selama, dan sesudah masa kerja. Pengertian tenaga kerja yang dimaksud adalah setiap orang yang memiliki kemampuan untuk melakukan pekerjaan sehingga menghasilkan barang atau jasa.

Berdasarkan penduduknya, pengertian tenaga kerja adalah mereka yang dianggap bisa dan sanggup bekerja bila tidak ada permintaan kerja. Mereka yang dikelompokkan sebagai tenaga kerja, yaitu berusia 15 tahun sampai 64 tahun.

Lebih jelasnya, berikut pengertian tenaga kerja dan jenisnya yang merdeka.com lansir dari disnakertrans.bantenprov.go.id:

2 dari 3 halaman

Pengertian Tenaga Kerja

012 tantri setyorini
©2018 Merdeka.com

Pengertian tenaga kerja adalah salah satu penggerak sistem ekonomi yang paling berpengaruh. Hal ini karena keterlibatannya secara langsung pada sebuah proses produksi barang atau jasa yang berperan penting menggerakkan roda ekonomi di Indonesia.

Menurut UU No.13 Tahun 2013, pengertian tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan yang menghasilkan barang atau jasa. Penghasilan ini berguna bagi dirinya sendiri maupun masyarakat di lingkungan sekitarnya. Adapun pengertian tenaga kerja menurut ahli adalah sebagai berikut:

Alam S

Pengertian tenaga kerja adalah suatu penduduk yang berusia 15 tahun ke atas untuk negara-negara berkembang seperti negara Indonesia. Sedangkan di negara-negara maju, tenaga kerja merupakan penduduk yang berumur antara 15 hingga 64 tahun.

Sumitro Djojohadikusumo

Pengertian tenaga kerja adalah semua orang yang sudah bersedia dan mempunyai kesanggupan untuk bekerja, termasuk mereka yang menganggur meski mau dan mampu untuk bisa bekerja. Namun, mereka terpaksa menganggur karena tidak mendapatkan kesempatan kerja.

Dr. Payaman Simanjuntak

Pengertian tenaga kerja adalah penduduk yang sudah atau sedang bekerja, yang sedang mencari pekerjaan dan melaksanakan kegiatan lain, seperti bersekolah dan mengurus rumah tangga.

Dumairy

Pengertian tenaga kerja adalah penduduk yang memiliki umur di dalam batas usia kerja. Tujuan dari pemilihan batas umur tersebut, agar definis yang diberikan sedapat mungkin menggambarkan kenyataan yang sebenarnya.

3 dari 3 halaman

Jenis-jenis Tenaga Kerja

037 destriyana
©2014 Merdeka.com/Shutterstock/Kzenon


Pengertian tenaga kerja adalah setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan untuk menghasilkan barang atau produk serta jasa.

Secara umum, penduduk suatu negara dibedakan menjadi dua kelompok, yaitu tenaga kerja dan bukan tenaga kerja. Adapun tenaga kerja juga dibedakan menjadi beberapa jenis, di antaranya:

Tenaga Kerja Berdasarkan Sifatnya

  • Tenaga Kerja Jasmani

Jenis tenaga kerja berdasarkan sifatnya yang pertama adalah tenaga kerja jasmani. Tenaga kerja ini lebih mengandalkan tenaga daripada kecerdasan otak dan pikiran. Tenaga kerja jasmani jumlahnya sangat banyak di Indonesia jika dibandingkan dengan tenaga kerja yang bekerja dengan pikirannya.

  • Tenaga Kerja Rohani

Tenaga kerja rohani adalah jenis tenaga kerja yang lebih mengandalkan kemampuan otak dan pikirannya daripada tenaga kerja yang mereka miliki. Umumnya, tenaga kerja ini berada di lingkungan yang bersih dan memiliki penampilan menarik.

Tenaga Kerja Berdasarkan Kemampuannya

  • Tenaga Kerja Terlatih

Salah satu jenis tenaga kerja menurut kemampuannya adalah tenaga kerja terlatih. Tenaga kerja ini tidak hanya memiliki riwayat pendidikan tinggi, tetapi juga memiliki daya tangkap dan keterampilan khusus yang sangat bauk.

  • Tenaga Kerja Terdidik

Tenaga kerja terdidik adalah jenis tenaga kerja yang memiliki riwayat pendidikan tinggi atau minimal telah lulus dengan predikat S1. Adapun contoh golongan tenaga kerja terdidik adalah dokter, guru, insinyur, TNI, dan masih banyak lagi.

  • Tenaga Kerja Tidak Terdidik

Tenaga kerja tidak terdidik adalah tenaga kerja yang tidak perlu memiliki riwayat pendidikan tinggi. Mereka juga tidak memiliki keharusan untuk memiliki keterampilan khusus karena hanya sampai di lulusan SD atau SMP.

[jen]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tenaga Kerja
  3. Ragam
  4. Pekerjaan
  5. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini