Pakai Sepeda, Begini Cara 2 Pemuda Hijaukan Lingkungan dari Bogor sampai Yogyakarta

Senin, 20 September 2021 15:02 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Pakai Sepeda, Begini Cara 2 Pemuda Hijaukan Lingkungan dari Bogor sampai Yogyakarta Dua pemuda Bogor keliling Jawa untuk tanam pohon. ©2021 Instagram @_trees_activity_/Merdeka.com

Merdeka.com - Fahmi Ali dan Lukman adalah dua pemuda asal Bogor, Jawa Barat yang nekat bersepeda sejauh ratusan kilometer demi membawa misi penghijauan di Pulau Jawa. Dalam aksinya itu, keduanya juga melumuri tubuhnya dengan cat berwarna hijau sebagai bentuk kepedulian akan kelestarian lingkungan.

Saat ditemui wartawan di Yogyakarta Jumat (17/9) lalu, Fahmi mengatakan jika tujuannya berkeliling Pulau Jawa adalah untuk meningkatkan kesadaran menanam pohon sebagai langkah merawat alam. Keduanya pun bertemu dengan Wakil Wali Kota Heroe Poerwadi untuk menyerahkan dua bibit pohon pucuk merah.

Keduanya menyampaikan keinginannya agar bibit tersebut ditanam di lingkungan pemerintahan setempat. Berikut ulasannya.

2 dari 5 halaman

Ajak Anak Muda di Tiap Wilayah untuk Tanam Pohon

dua pemuda bogor keliling jawa untuk tanam pohon
Fahmi dan Lukman saat bertemu Wakil Wali Kota Yogyakarta, Heroe Poerwadi Jumat (17/9) ©2021 Instagram @_trees_activity_/Merdeka.com

Fahmi mengungkapkan jika dirinya bersama Lukman sudah bersepeda sejak awal Agustus 2021 lalu. Menurutnya, cara tersebut dilakukan guna meningkatkan kepedulian para anak muda di sepanjang jalan yang mereka lalui untuk menanam pohon.

Dirinya mengatakan, bulan Agustus merupakan waktu yang tepat untuk menanam pohon dikarenakan waktu tersebut bertepatan dengan datangnya musim penghujan.

“Sejak awal Agustus (2021) kami mulai bersepeda dan pada hari ini tiba di Yogyakarta. Tujuannya tidak lain untuk mengajak anak-anak mulai menanam pohon di lingkungan sekitar mereka tinggal,” tutur Fahmi di Balai Kota Yogyakarta seperti dilansir dari Antara.

3 dari 5 halaman

Mengampanyekan Go Green Kepada Masyarakat Jawa

Dalam kampanye keduanya untuk menghijaukan Pulau Jawa, Yogyakarta merupakan kota ke-20 yang mereka singgahi. Keduanya akan melanjutkan perjalanan ke Kecamatan Selo, Kabupaten Boyolali, sebelum kembali ke Bogor.

Fahmi menambahkan, setelah berkeliling Jawa, ia akan kembali ke Bogor dengan melakukan penanaman massal bibit pohon di Gunung Salak.

“Puncak dari kampanye ini akan dilakukan di kawasan Gunung Salak dengan aksi penanaman pohon secara massal,” katanya.

4 dari 5 halaman

Diapresiasi Heroe

Wakil Wali Kota Yogyakarta Heroe Poerwadi turut mengapresiasi idealisme Fahmi dan Lukman dalam mengampanyekan penghijauan.

Menurut politisi kelahiran 17 Januari 1966 itu, langkah keduanya mengampanyekan penanaman pohon dengan bersepeda sejauh ratusan kilometer merupakan kegiatan yang baik.

“Menjaga kelestarian lingkungan adalah tanggung jawab bersama seluruh masyarakat. Mudah-mudahan, aksi yang dilakukan bisa menginspirasi banyak pemuda untuk meningkatkan kepedulian mereka terhadap kelestarian lingkungan,” katanya.

5 dari 5 halaman

Penghijauan Bertajuk Go Green Expedition

dua pemuda bogor keliling jawa untuk tanam pohon
©2021 Instagram @_trees_activity_/Merdeka.com

Sementara itu, seperti terlihat di unggahan media sosial @_treesactivity_, kegiatan yang diikuti Fahmi dan Lukman merupakan rangkaian perjalanan hijau bertema Go Green Expedition yang akan berakhir pada Januari 2022.

Dalam road map yang diunggah di akun tersebut, keduanya direncanakan melakukan gowes dari Jawa Barat, Jawa Tengah, hingga Jawa Timur untuk mengampanyekan penghijauan kepada masyarakat di Jawa.

“Dengan Road maps go green expedition ini yang akan diselenggarakan pada tanggal 1 agustus sampai 1 januari 2022, kita akan bersepedah keliling pulau jawa dengan mengkampanyekan go green kepada masyarakat jawa," tulis keterangan dalam unggahan tersebut.

[nrd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini