Niat Sholat Idul Fitri di Rumah Sesuai Sunnah, Lengkap dengan Panduan Khotbah

Rabu, 12 Mei 2021 16:00 Reporter : Nisa Sari
Niat Sholat Idul Fitri di Rumah Sesuai Sunnah, Lengkap dengan Panduan Khotbah ilustrasi sholat. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Sholat Idul Fitri adalah sholat sunnah dua rakaat yang dikerjakan umat Muslim di pagi hari saat hari raya Idul Fitri. Biasanya shalat ini dilakukan di tanah terbuka, mengingat banyak sekali jemaah yang hadir pada saat pelaksanaan sholat Idul Fitri.

Mengutip dari NU Online, Rasulullah keluar menuju tempat yang cukup luas untuk melaksanakan sholat Idul Fitri. Hal ini sebagaimana sebuah hadis yang diriwayatkan oleh Bukhari dan Muslim, keduanya meriwayatkan hadis dari Abu Sa’id, yang artinya:

"Sunah itu pelaksanaan shalat id di musala jika masjid desa sempit sebagaimana riwayat yang mengatakan bahwa Nabi Muhammad SAW keluar menuju ke musala dan masyarakat banyak (yang hadir) pada shalat id," (Lihat Imam An-Nawawi, Al-Majmu’ Syarhul Muhadzdzab, [Kairo, Al-Maktabah At-Taufiqiyyah: 2010 M], juz V, halaman 7).

Dalam kondisi darurat, seperti penyebaran Covid-19 sekarang ini, pelaksanaan sholat Idul Fitri bisa dilakukan di rumah dengan melibatkan sedikit jemaah. Berikut tata cara sholat Idul Fitri di rumah sesuai sunnah yang dilansir dari NU Online:

Baca Selanjutnya: Tata Cara Sholat Idul Fitri...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini