Niat Bayar Zakat Fitrah dan Artinya, Berikut Keutamaannya

Rabu, 21 April 2021 13:01 Reporter : Novi Fuji Astuti
Niat Bayar Zakat Fitrah dan Artinya, Berikut Keutamaannya Zakat fitrah. ©2014 merdeka.com/muhammad luthfi rahman

Merdeka.com - Zakat fitrah dikeluarkan oleh seorang muslim dari sebagian hartanya kepada orang-orang yang membutuhkan. Zakat fitrah bertujuan untuk mensucikan jiwanya serta menambal kekurangan-kekurangan yang terdapat pada puasanya seperti perkataan yang kotor dan perbuatan yang tidak ada gunanya.

Zakat fitrah wajib ditunaikan oleh setiap orang muslim yang merdeka, yang mampu mengeluarkannya pada waktunya. Waktu mengeluarkan zakat fitrah ada dua macam, pertama waktu yang afdal yaitu semenjak terbit fajar di hari Raya Idul Fitri hingga saat-saat menjelang dilaksanakannya sholat Idul Fitri. Kedua, waktu yang diperbolehkan yaitu satu atau dua hari sebelum hari raya Idul Fitri.

Sementara itu, ada pula pendapat lain yang menyatakan boleh membayar zakat tiga hari sebelum Idul Fitri atau sejak awal bulan Ramadan. Bahkan ada pendapat yang menyatakan boleh membayar zakat fitrah satu atau dua tahun sebelumnya. Namun hal tersebut dinilai bertentangan dengan maksud disyariatkannya zakat fitrah, yaitu untuk memberikan makan orang fakir miskin di hari Raya.

Sebelum membayar zakat fitrah, penting bagi seluruh umat muslim untuk mengetahui niat zakat fitrah baik untuk diri sendiri, keluarga maupun orang lain. Berikut ini informasi mengenai niat bayar zakat fitrah dan artinya, lengkap dengan ketentuannya telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com dan NU Online.

Baca Selanjutnya: Niat Bayar Zakat Fitrah...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini