Mental Illnes adalah Gangguan yang Mempengaruhi Emosi, Ketahui Penyebab dan Jenisnya

Jumat, 23 Oktober 2020 16:01 Reporter : Andre Kurniawan
Mental Illnes adalah Gangguan yang Mempengaruhi Emosi, Ketahui Penyebab dan Jenisnya Ilustrasi depresi. ©2013 Merdeka.com/Shutterstock/Oleg Golovnev

Merdeka.com - Gangguan kesehatan mental, atau disebut juga dengan mental illnes adalah kondisi kesehatan mental yang mempengaruhi suasana hati, pemikiran, dan perilaku. Contoh mental illnes adalah depresi, gangguan kecemasan, skizofrenia, gangguan makan, dan perilaku adiktif.

Mental illnes akan membuat seseorang merasa tidak baik dengan kehidupannya. Bisa mengganggu bahkan dapat menimbulkan masalah dalam aktivitas sehari-hari, seperti di sekolah, di tempat kerja, atau dalam suatu hubungan.

Bagi orang yang mengalami penyakit mental, otak mereka berubah sedemikian rupa sehingga mereka kesulitan untuk berpikir, merasakan, atau bertindak dengan cara yang mereka inginkan. Bagi beberapa orang, kondisi ini dapat mengubah suasana hati menjadi perasaan yang ekstrem dan tidak terduga, seperti merasa sedih atau khawatir yang berlebihan dari biasanya.

Sementara bagi yang lain, mental illnes membuat mereka tidak dapat berpikir jernih, sulit berkomunikasi dengan orang lain, atau memiliki pikiran aneh ketika ingin menjelaskan perasaan yang mereka alami.

Sayangnya, sebagian orang masih belum menaruh perhatian penuh pada kondisi mental ini. Bahkan di Indonesia, seseorang yang mengalami mental illnes tak jarang disebut sebagai ‘orang gila’ atau ‘kesurupan’.

Baca Selanjutnya: Penyebab Mental Illnes...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini