Mengintip Motor Listrik Rancangan Ridwan Kamil, Ringan dan Bergaya Klasik

Kamis, 6 Oktober 2022 17:23 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Mengintip Motor Listrik Rancangan Ridwan Kamil, Ringan dan Bergaya Klasik Motor listrik RKG 5000. ©2022 Laman Pemprov Jabar/ Merdeka.com

Merdeka.com - Gubernur Jawa Barat, Mochamad Ridwan Kamil membuat sebuah rancangan sepeda motor besar bergaya klasik. Kendaraan yang yang diberi nama RKG 5000 itu terpantau mejeng di arena pameran West Java Investment Summit 2022, Trans Hotel, Kota Bandung, Rabu (5/10).

Dikatakan teknisi dan pelaksana rancang bangun motor RKG 5000, Asep Supriadi, kendaraan roda dua itu sengaja didesain untuk sebuah merek motor listrik.

"Motor ini dinamakan RKG 5000, kependekan dari Ridwan Kamil Gesit 5000," kata Atep Supriadi, di arena pameran WJIS 2022, mengutip laman Pemprov Jabar.

2 dari 4 halaman

Bergaya Klasik

motor listrik rkg 5000

Motor listrik RKG 5000 ©2022 Laman Pemprov Jabar/ Merdeka.com

Seperti terpantau, motor tersebut merupakan jenis Bobber alias custom yang letak spakbor belakang lebih pendek. Motor ini juga memiliki desain duduk yang lebih rendah, dan mirip motor klasik di tahun 1930-an.

Menurut Atep, motor tersebut baru berupa prototipe satu unit dan sudah melalui uji coba di jalan raya. Dia tidak menutup kemungkinan jika RKG 5000 bisa diproduksi massal jika banyak peminat motor yang tertarik.

"Ini prototipe, jadi baru ada satu, tapi motor ini sudah bisa jalan. Jika masyarakat banyak yang berminat, nantinya bisa diproduksi massal atau manufacturing," ujarnya.

3 dari 4 halaman

Bobotnya Hanya 150 Kilogram

Jika dilihat sepintas, motor ini memiliki bentuk yang cukup besar. Walau begitu, Atep menyebut jika bobot RKG 5000 lebih ringan karena tidak menggunakan mesin.

"Karena tidak ada mesin, maka motor ini total berbobot 150 kilogram, cukup nyaman, dan mudah dikendarai," paparnya.

Kelebihan lainnya, motor ini sudah bisa di-charge penuh dengan listrik berdaya rendah di rumah yakni 450 VA. 

"Motor ini bisa di-charge di rumah dengan daya terendah sekalipun, yaitu 450 VA, dan tentu bisa juga di SPKLU (Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum), dengan lama pengisian hingga penuh antara tiga sampai empàt jam," ungkap Atep.

4 dari 4 halaman

Karya Anak Bangsa

Ditambahkannya, motor ini menciptakan kebanggaan tersendiri lantaran khusus dirancang oleh sang gubernur dan merupakan karya anak bangsa di sisi rancang bangunnya.

Sementara, helatan WJIS 2022 dilaksanakan di Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Barat dan dikerjasamai bersama Pemdaprov Jabar. Salah satu tujuannya adalah menarik investasi dari dalam dan luar negeri.

WJIS yang keempat kali fokus pada isu ketahanan pangan serta energi baru dan terbarukan, salah satunya pengembangan teknologi kendaraan listrik. Pameran ini berlangsung pada 5-6 Oktober 2022 di Trans Luxury Hotel di Jalan Gatot Subroto, Kota Bandung dengan tema 'Green Investment: Food Security and Renewable Energy - Securing The New Future.'

[nrd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini