Mengenang Peristiwa 21 Januari 1985, Pengeboman Candi Borobudur yang Misterius

Rabu, 20 Januari 2021 05:44 Reporter : Novi Fuji Astuti
Mengenang Peristiwa 21 Januari 1985, Pengeboman Candi Borobudur yang Misterius Candi Borobudur. ©Shutterstock

Merdeka.com - 21 Januari 1985 silam telah terjadi peristiwa pengeboman di Candi Borobudur. Peristiwa ini menjadi catatan kelam sejarah Indonesia. Terjadi pada pagi buta selepas pergantian petugas keamanan Candi Borobudur pada pukul 01.20 WIB.

Setelah 10 menit berpatroli, kedua petugas keamanan yang sedang berjaga dikejutkan dengan bunyi menggelegar. Ketika keduanya berlari untuk memastikan sumber bunyi tersebut, justru bunyi lain terdengar tak kalah menggelegar.

Belakangan diketahui bahwa bunyi tersebut merupakan bunyi bom yang sengaja ditujukan untuk menghancurkan situs tersebut. Rupanya pengeboman dilakukan oleh sekelompok orang. Hasil penyelidikan polisi menyatakan bahwa dalang dari peristiwa tersebut bernama Ibrahim alias Mohammad Jawad.

Meskipun telah diketahui, sosok Mohammad Jawad hingga kini belum pernah ditemukan polisi. Dalam peristiwa tersebut ada 9 ledakan, di mana ledakkan terakhir terdengar pada pukul 03.40 WIB.

Lebih jauh berikut ini informasi lengkap mengenai peristiwa 21 Januari 1985, pengeboman Candi Borobudur yang misterius telah dirangkum Liputan6.com:

Baca Selanjutnya: Peristiwa Pemboman Candi Borobudur...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini