Mengenang Aksi Mahasiswa di Gejayan Yogyakarta 8 Mei 1998, Tewaskan Moses Gatutkaca

Sabtu, 8 Mei 2021 07:30 Reporter : Novi Fuji Astuti
Mengenang Aksi Mahasiswa di Gejayan Yogyakarta 8 Mei 1998, Tewaskan Moses Gatutkaca Ilustrasi Demo. ©2016 Merdeka.com

Merdeka.com - Indonesia pada tahun 1998 berada dalam kondisi yang sangat memprihatinkan. Krisis keadilan serta bencana alam yang sempat terjadi hampir bersamaan menyebabkan sebagian sektor perekonomian lumpuh. Hal itu juga membuat kondisi sosial masyarakat menjadi terganggu. Salah satu fenomena signifikan dan relevan untuk melihat krisis pada tahun tersebut adalah fenomena gerakan massa yang di dalamnya melibatkan mahasiswa.

Buntut dari perekonomian Indonesia yang semakin memburuk dan keadilan terhadap rakyat di bawah kepemimpinan Soeharto yang semakin tertindas adalah terjadinya demonstrasi sejumlah mahasiswa menuntut reformasi dan turunnya Presiden Soeharto. Salah satu demo menuntut reformasi dan turunnya Presiden Soeharto juga terjadi di Gejayan yang merupakan nama jalan di Yogyakarta.

Demo yang berlangsung tanggal 8 Mei 1998 tersebut menewaskan Moses Gatutkaca seorang mahasiswa MIPA Universitas Sanata Dharma (USD). Untuk menghormati Moses, kini Jalan Kolombo yang berada tepat di sebelah kampus USD tersebut diubah namanya menjadi jalan Moses Gatutkaca sejak 20 Mei 1998.

Berikut ini informasi lengkap mengenai aksi mahasiswa di Jalan Gejayan Yogyakarta 8 Mei 1998, tewaskan Moses Gatutkaca telah dirangkum dari eprints.uny.ac.id:

Baca Selanjutnya: Mahasiwa Tuntut Reformasi dan Turunya...

Halaman

Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Gejayan
  3. Sejarah
  4. Ragam
  5. Jabar
  6. Yogyakarta
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini