Mengenal Xiangqi, Olahraga Catur China yang Debut di SEA Games 2021

Senin, 23 Mei 2022 07:00 Reporter : Andre Kurniawan
Mengenal Xiangqi, Olahraga Catur China yang Debut di SEA Games 2021 Xiangqi. istockphoto.com

Merdeka.com - Setelah sempat ditunda karena kasus COVID-19 pada 2021 lalu, SEA Games 2021 akhirnya digelar di Vietnam pada bulan Mei 2022. Sebanyak 40 cabang olahraga dipertandingkan dalam pesta olahraga Asia Tenggara dua tahunan tersebut.

Meski sepak bola, bulu tangkis, dan atletik masih menjadi cabang olahraga favorit bagi masyarakat untuk ditonton, ada beberapa cabang olahraga lain yang tak kalah menarik dan perlu Anda tahu. Salah satunya adalah xiangqi, yaitu catur China yang dipertandingkan untuk pertama kali dalam ajang SEA Games.

Meski menjadi olahraga baru dalam SEA Games, namun olahraga xiangqi sendiri sudah cukup tua. Dan sama seperti permainan catur pada umumnya, xiangqi mengandalkan keterampilan berpikir dan strategi dalam memainkannya.

Kali ini, kami akan membahas lebih lanjut tentang xiangqi dan bagaimana cara memainkannya.

2 dari 4 halaman

Mengenal Xiangqi

Xiangqi adalah permainan yang populer di daratan China, Taiwan, Thailand, Singapura, Vietnam, Hong Kong, dan beberapa negara Asia lainnya. Bentuk xiangqi masih sama meski telah berabad-abad dimainkan.

Umumnya dikenal sebagai catur China, atau catur gajah, xiangqi adalah permainan keterampilan dan strategi. Sepintas, permainan papan ini mirip dengan catur pada umumnya, namun terdapat beberapa perbedaan di dalamnya.

Nama Xiangqi memiliki asal usul yang menarik. Dari empat seni tradisional China; qin (musik), hua (lukisan kuas), shu (kaligrafi) dan qi (permainan strategi); istilah terakhir telah memberikan suku kata terakhir dalam xiangqi.

Catur China ini memiliki sejarah yang panjang. Asal usulnya belum dikonfirmasi. Tetapi dilihat dari aturannya, dapat disimpulkan bahwa asal mula xiangqi terkait erat dengan ahli strategi militer pada masa Tiongkok kuno.

Permainan xiangqi juga memiliki cerita di baliknya. Dikutip dari laman xiangqi.com, papan permainan ini bukan hanya sekelompok kotak, tapi ini adalah kisah pertempuran antara dua jenderal dan tentara mereka, di mana istana mereka dipisahkan oleh sungai.

Di tiap sisi, terdapat 6 jenis prajurit: tentara infanteri atau pion, dua meriam, gajah, kereta cepat, kuda, dan dua penasihat yang menjaga jenderal dengan ketat.

Setiap tentara berwarna merah atau hitam. Legenda mengatakan bahwa warna dari potongan xiangqi berasal dari kisah pertempuran nyata antara dinasti Qin dan Han.

Sama seperti catur, permainan xiangqi akan berakhir ketika seorang jenderal/raja berada dalam kondisi skakmat. Namun dalam xiangqi, jenderal/raja hanya memiliki gerak terbatas di istananya (ditandai dengan garis diagonal), memerintah pasukannya dari kejauhan.

3 dari 4 halaman

Posisi Bidak

xiangqi
britannica.com

Papan tempat bermain terdiri dari 9 garis vertikal dan 10 garis horizontal. Posisi di baris 6 dan 3 adalah bidak (tentara, atau infanteri), dan di baris 7 dan 2 adalah meriam (artileri). Baris 9 dan 0 dari kiri ke kanan diisi benteng (kereta), ksatria (kuda), gajah, penasehat, raja, penasehat, gajah, ksatria, dan benteng.

Pada setiap sisi papan di belakang terdapat istana, yaitu kotak 3 kali 3 dengan empat garis diagonal yang membentuk “X”. Di tengah papan, antara baris 5 dan 4 terdapat sungai yang sering ditandai dengan huruf China, berbunyi “Chǔ Hé” yang berarti "Sungai Chu", atau "Hàn Jiè", yang berarti "perbatasan Han".

Cara berpindah dari bidak xiangqi ini berbeda dari catur biasa. Jika kita memindahkan catur dari kotak ke kotak, maka para bidak xiangqi berpindah melalui garis-garisnya.

4 dari 4 halaman

Cara Bermain

Jenderal "Shuài" /帅 dan "Jiàng" /将

Mengutip dari ymimports.com, jenderal dapat berpindah satu titik baik secara vertikal maupun horizontal, tetapi tidak secara diagonal dan terbatas pada sembilan titik di dalam istananya. Seorang jenderal juga tidak boleh bergerak ke sebuah garis vertikal yang ditempati oleh jenderal musuh.

Penjaga / Penasihat “Shì” 仕 and “Shì” 士

Bidak ini adalah penasihat raja dan menjaga raja di dalam istana. Penjaga bergerak satu titik secara diagonal dan terbatas pada istana.

Gajah “Xiàng” 相 and “Xiàng” 象

Gajah bergerak tepat dua titik dalam arah diagonal mana pun dan tidak boleh melompati bidak- bidak yang menghalangi atau menyeberangi sungai.

Kuda “Mà” /马 dan “Mǎ” /马

Kuda bergerak satu titik secara horizontal atau vertikal, dan kemudian satu titik secara diagonal. Namun tidak bisa bergerak ke arah di mana ada bidak yang menghalanginya di sepanjang jalur gerakan.

Kereta “Jū” /车 dan “Jū” /车

Kereta bergerak mirip dengan benteng dalam catur biasa. Kereta bergerak sebanyak mungkin titik yang diinginkan secara horizontal atau vertikal. Namun tidak bisa melompati bidak-bidak lain di jalannya.

Meriam “Pào” 炮 and “Pào” 砲

Meriam bergerak persis seperti kereta. Untuk menangkap, bagaimanapun, meriam harus melompati tepat satu bagian, teman atau musuh, di sepanjang garis gerakannya.

Prajurit “Bīng” 兵 and “Zú” 卒

Prajurit, atau pion, dapat bergerak dan menangkap dengan maju satu titik ke depan. Setelah pion menyeberangi sungai, ia juga dapat bergerak dan menangkap satu titik secara horizontal. Pion juga tidak akan bergerak mundur.

Cara bermainnya juga serupa dengan catur pada umumnya. Setiap sisi bergantian untuk bergerak, bidak-bidak ditangkap dengan gerakan normal mereka dan mendarat di titik yang ditempati oleh bidak musuh. Umumnya, potongan yang berwarna merah membuat langkah pertama, tetapi dua pemain bisa menyepakati untuk bergerak sebaliknya.

Kemenangan dicapai ketika satu pemain menempatkan jenderal lain dalam skakmat, atau ketika pemain dapat mengepung raja musuh sehingga tidak ada jalan untuk selamat. [ank]

Baca juga:
Ketua DPR Apresiasi Indonesia Juara Ketiga di SEA Games: Semakin Diakui Dunia
Perjuangan Timnas Indonesia Raih Perunggu Usai Tekuk Malaysia Lewat Adu Penalti
Debut di SEA Games & Raih Medali Emas, Ini Potret Apriyani Rahayu & Fadia Silva
Deretan Fakta Rivan Nurmulki, Atlet Voli Andalan Indonesia di SEA Games 2021
Mohammad Yasin Raih Medali Perak SEA Games 2021
CEK FAKTA: Hoaks Semifinal Sepakbola Sea Games Indonesia vs Thailand Diulang

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini