Mengenal Manfaat Uwi untuk Kesehatan, Pengganti Nasi Bagi Penderita Diabetes

Rabu, 21 Oktober 2020 16:01 Reporter : Novi Fuji Astuti
Mengenal Manfaat Uwi untuk Kesehatan, Pengganti Nasi Bagi Penderita Diabetes ilustrasi ubi. ilustrasi ubi

Merdeka.com - Uwi merupakan salah satu tanaman pangan pokok berpati yang sangat penting dalam pertanian tropika dan sub tropika karena tanaman ini menunjukkan siklus pertumbuhan yang kuat. Dahulu, uwi kerap jadi salah satu pangan alternatif, penolong di masa paceklik.

Di mana saat kemarau melanda, padi dan sagu belum bisa dipanen maka orang akan mengonsumsi umbi seperti uwi. Umbi uwi memiliki nama latin Dioscorea alata yang termasuk dalam suku uwi-uwian (Dioscorea spp).

Di tanah Jawa, uwi mempunyai kerabat beragam dan dikenal dengan beberapa sebutan seperti gembili (Dioscorea esculenta), gembolo (Dioscorea bulbifera), sosohan (Dioscorea petaphylla) dan gadung (Dioscorea hispida).

Uwi memiliki kandungan nutrisi yang cukup lengkap seperti provitamin A, vitamin C, protein, kandungan pati. Dengan kandungan tersebut ak heran jika uwi dapat dikatakan lebih baik jika dibandingkan dengan umbi-umbian lainnya seperti kentang, ubi jalan dan ubi kayu.

Mengingat nutrisinya yang lengkap tak heran bila kemudian uwi kaya akan manfaat untuk kesehatan tubuh. Berikut ini lebih jauh manfaat uwi untuk kesehatan, pengganti nasi bagi penderita diabetes telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com dan core.ac.uk.

Baca Selanjutnya: Kandungan Gizi Uwi...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini