Makanan Tikus yang Cocok sebagai Umpan Perangkap, Bukan Cuma Keju

Kamis, 27 Januari 2022 15:30 Reporter : Andre Kurniawan
Makanan Tikus yang Cocok sebagai Umpan Perangkap, Bukan Cuma Keju Makanan Tikus. victorpest.com

Merdeka.com - Tikus adalah salah satu makhluk yang paling tidak disukai namun mudah menyebar yang sekitar tempat tinggal manusia. Meskipun tidak ada yang menginginkan tikus di sekitar rumah, hewan pengerat ini secara alami seperti tertarik berada di sekitar manusia.

Mengingat keberadaan tikus-tikus yang kerap menimbulkan kekacauan di rumah banyak penduduk, perangkap tikus menjadi sebuah kebutuhan, baik di lingkungan perkotaan, pinggiran kota atau pedesaan.

Jika Anda sedang berupaya untuk menyingkirkan tikus yang mengganggu di sekitar rumah, sangat penting untuk mempelajari perangkap-perangkap yang paling efektif serta umpan terbaik untuk menjebak tikus dan memenangkan perang di rumah.

Lupakan soal kartun yang sering menampilkan keju untuk menjebak tikus. Tikus terkadang juga sama seperti manusia, yang suka pilih-pilih makanan. Mungkin ada beberapa yang memang suka dengan keju, tapi ada juga yang menyukai makanan lain seperti kacang.

Selain itu, Anda juga bisa mencoba daging, biji-bijian, atau makanan manis seperti cokelat untuk diletakkan sebagai umpan di perangkap tikus yang dipasang.

Menjebak tikus dengan makanan mungkin menjadi cara yang paling efektif untuk memaksa mereka keluar dan mendekat ke perangkap. Itulah kenapa, Anda harus mengetahui makanan tikus yang cocok untuk dipasang sebagai umpan. Dilansir dari organiclesson.com, berikut adalah makanan tikus yang bisa digunakan sebagai umpan untuk menjebak tikus-tikus di rumah Anda.

2 dari 4 halaman

Selai Kacang

ilustrasi selai kacang
©shutterstock.com/bonchan

Makanan tikus yang bisa digunakan sebagai umpan yang pertama adalah selai kacang. Tikus adalah pemakan biji-bijian alami sehingga makanan seperti selai kacang berguna dengan baik sebagai umpan. Di dalam rumah, tikus sangat tertarik pada makanan berlemak dan berkalori tinggi. Anda juga bisa menggunakan selai kacang jenis lain sebagai alternatif seperti selai kemiri atau bahkan Nutella.

Satu kesalahan yang dilakukan orang saat menggunakan selai kacang adalah mengoleskan banyak pada perangkap. Padahal sebenarnya, Anda hanya perlu menempatkan sedikit saja selai kacang (seukuran kacang polong) agar perangkapnya bisa lebih efektif.

Cokelat

Makanan tikus sebagai umpan yang kedua yaitu cokelat. Sebagian besar spesies tikus rumah akan terpikat oleh sepotong kecil cokelat. Anda dapat mencoba cokelat biasa dan cokelat susu dan lihat mana yang menarik bagi mereka.

Makanan Burung (Biji-bijian)

Makanan tikus sebagai umpan yang ketiga yakni makanan burung yang terdiri dari biji-bijian. Anda dapat mencoba menggunakan biji-bijian yang biasa digunakan untuk pakan burung sendiri atau mencampurnya ke dalam selai kacang untuk umpan yang sangat menarik untuk menangkap tikus. Jika memiliki peliharaan burung di rumah, mungkin Anda pernah menemukan makanan burung Anda dicuri atau sudah berhamburan.

3 dari 4 halaman

Selai Buah

Makanan tikus yang bisa dijadikan umpan yang keempat yakni selai buah. Selain cokelat, makanan manis dapat Anda gunakan sebagai umpan tikus adalah selai buah. Oleskan sedikit selai di sisi jauh tuas perangkap. Ini akan memaksa tikus yang penasaran untuk mendorong tuas ke atas dan melepaskan jebakan.

Namun, seperti beberapa umpan lainnya, satu kelemahan jika Anda menggunakan selai yaitu makanan ini tak hanya menarik bagi tikus saja. Hewan lain di rumah seperti semut dan kecoa juga tertarik dengan makanan ini, bahkan bisa datang lebih cepat dari tikus.

Makanan Hewan

tips ampuh menyimpan makanan kucing jauh dari serbuan semut©2021 Merdeka.com

Makanan tikus kelima yang cocok dijadikan umpan adalah makanan hewan peliharaan Anda. Memiliki hewan peliharaan seperti kucing dan anjing di rumah akan sangat membantu dalam berperang melawan tikus-tikus.

Namun, jika Anda masih mendapati hewan pengerat ini berkeliaran di sekitar rumah, Anda bisa menggunakan senjata lainnya, yaitu makanan hewan peliharaan Anda. Bukan untuk memberi makan mereka, tapi sebagai umpan dari perangkap untuk mereka.

Madu

Makanan tikus selanjutnya yang bisa dijadikan sebagai umpan adalah madu. Ketertarikan tikus terhadap makanan manis sudah bukan rahasia lagi. Anda bisa memanfaatkan selera mereka ini sebagai jebakan untuk menangkap tikus. Salah satunya dengan memanfaatkan madu.

Cukup letakkan satu sendok makan madu di dekat perangkap tikus, dan aroma manisnya akan bekerja dengan menggoda tikus untuk mendekatinya.

4 dari 4 halaman

Keju

012 febrianti diah kusumaningrumShutterstock/Sea Wave

Makanan tikus berikutnya adalah yang paling identik dengan tikus, yaitu keju. Ya, keju selalu digambarkan sebagai makanan favorit untuk tikus di kartun-kartun, tetapi hal itu tidak selalu terjadi di kehidupan nyata.

Seperti yang kami sebutkan sebelumnya, selera tikus bisa berbeda-beda, dan pada dasarnya mereka juga pemakan kacang sehingga meskipun tikus mungkin tertarik pada keju, mungkin makanan tersebut tidak seefektif mencoba makanan lain yang Anda temui di rumah.

Daging

Makanan tikus sebagai umpan yang terakhir adalah daging. Meski konsumsi daging di antara hewan pengerat cukup bervariasi, sebagian besar spesies tikus adalah omnivora, yang berarti mereka juga akan memangsa daging bila ada kesempatan. Tapi, meski tikus juga memakan daging, mereka tidak berburu daging. Mereka hanya makan daging apapun yang mereka temukan di mana pun.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini