Makanan Penyebab Tipes yang Wajib Diketahui, Jangan Sampai Salah Pilih

Sabtu, 21 November 2020 16:01 Reporter : Novi Fuji Astuti
Makanan Penyebab Tipes yang Wajib Diketahui, Jangan Sampai Salah Pilih Ilustrasi sakit. ©2012 Shutterstock/StockLite

Merdeka.com - Tipes atau thypus merupakan penyakit infeksi bakteri pada usus halus dan terkadang pada aliran darah yang disebabkan oleh Bakteri Salmonella typhosa atau Salmonella paratyphi A, B dan C. Bakteri tersebut juga bisa menyebabkan gastroenteritis atau radang lambung.

Masyarakat kerap menyebut penyakit ini dengan nama tipes atau typus, sedangkan dalam dunia kedokteran disebut dengan Typhoid fever atau Thypus abdominalis karena penyakit ini berhubungan erat dengan usus di dalam perut.

Di Indonesia, tipes bukan merupakan hal baru. Mengingat penyakit ini sering sekali dialami oleh masyarakat Indonesia baik dewasa maupun anak-anak. Disebabkan oleh bakteri yang kerap menempel pada makanan atau minuman, hal ini tak lain karena kita sering kali memilih jajanan yang salah dan cenderung sembarangan.

Tipes selain dapat menyebar melalui makanan, minuman juga dapat ditularkan dari orang yang terinfeksi melalui fasesnya. Jika kamu sering jajan sembarangan dan daya tahan tubuh kamu sedang tidak baik maka bisa saja kamu mengalami tipes. Dalam hal ini anak kecil lebih rentan terkena tipes karena daya tahan tubuh mereka belum sekuat orang dewasa dan anak-anak juga cenderung kurang bisa menjaga kebersihan saat makan.

Salah satu cara mencegah penyakit tipes adalah dengan memperhatikan konsumsi makanan. Sebaiknya hindari makanan yang dapat menyebabkan tipes.

Berikut ini informasi lengkap mengenai makanan penyebab tipes yang wajib diketahui, jangan sampai salah pilih telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.

Baca Selanjutnya: Gejala Tipes...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini