Macam Data Penelitian Berdasarkan Sifat dan Sumbernya, Wajib Diketahui

Sabtu, 30 Mei 2020 17:00 Reporter : Novi Fuji Astuti
Macam Data Penelitian Berdasarkan Sifat dan Sumbernya, Wajib Diketahui Ilustrasi penelitian. ©2012 Shutterstock/Levent Konuk

Merdeka.com - Penelitian bukan merupakan suatu hal yang baru dalam dunia pendidikan maupun dunia kerja. Ada beberapa hal yang perlu kamu persiapkan sebelum melakukan penelitian, salah satunya adalah mengenal berbagai macam data penelitian, baik itu berdasarkan sifat, sumber atau skala pengukurannya. Dengan memahami macam data diharapkan penelitian yang hendak kamu lakukan akan berjalan lancar.

Bisa dibilang mengenal berbagai macam data merupakan kemampuan dasar yang harus setiap orang miliki sebelum melakukan penelitian. Karena melalui data tersebut kita bisa mengetahui kesimpulan atau jawaban yang hendak kita cari dalam penelitian.

Berikut ini macam data penelitian berdasarkan sifat dan sumbernya, wajib diketahui telah dirangkum merdeka.com melalui liputan6.com dan berbagai sumber lainnya.

1 dari 3 halaman

Macam Data Penelitian Berdasarkan Sifatnya

1. Data Kuantitatif 

Data kuantitatif merupakan jenis data penelitian yang berupa angka ataupun bilangan. Jenis data penelitian ini pun bisa kamu olah dan juga kamu analisis dengan perhitungan matematika ataupun statistika.

Hal ini karena data yang yang kamu peroleh hanya berupa angka saja, sehingga perlu ada pengolahan untuk mendapatkan tujuan yang diinginkan.

2. Data Kualitatif

Jenis data penelitian kualitatif merupakan data yang dibuat dengan kalimat ataupun kata-kata, bukan dengan angka. Berbagai macam cara pun bisa kamu lakukan untuk memperoleh jenis data penelitian kualitatif ini.

Beberapa cara yang bisa kamu lakukan untuk mengumpulkan data kualitatif yaitu dengan wawancara, analisis dokumen, diskusi terfokus ataupun dengan observasi transkip. Selain itu, kamu pun bisa memperoleh sebuah data kualitatif ini melalui rekaman video dan juga melalui sebuah foto.

Dengan kata lain jenis data penelitian kualitatif ini pun bisa disebut pula dengan data kategori ataupun pengelompokan. Karena penyusunan data jenis kualitatif ini bisa dilakukan dengan mengelompokkan berdasarkan nama ataupun kategori yang ada.

2 dari 3 halaman

Macam Data Penelitian Berdasarkan Skala Pengukuran

3. Data Oridinal
Data ordinal memiliki sebuah tingkatan tertentu. Tingkatan yang ada pada data ordinal ini biasanya berurutan baik itu dari yang terendah hingga urutan tertinggi ataupun sebaliknya. Akan tetapi, meskipun memiliki jenjang urutan pada data ordinal, data ini pun masih tidak bisa dilakukan pengolahan dengan operasi matematika.


4. Data Nominal
Jenis data penelitian nominal ini termasuk pula dalam data kualitatif. Sifat dari data ini pun setara dan tidak bisa menunjukkan pada tingkatan tertentu. Selain itu, menggunakan data nominal ini hanya bisa menghasilkan satu jenis kategori saja.

Meskipun data nominal ini menunjukkan angka, akan tetapi angka pada data nominal ini tidak memiliki makna matematis sehingga tidak bisa diolah ataupun dianalisis.


5. Data Interval
Data interval ini pun termasuk dalam jenis data penelitian kuantitatif. Selain itu, data ini pun memiliki sifat dari data ordinal, yaitu berupa jenjang urutan dengan kriteria tertentu. Karena termasuk dalam data kuantitatif, maka data interval ini bisa diolah dengan operasi matematika yang ada.


6. Data Rasio
Data rasio merupakan jenis data penelitian yang memiliki sifat dari data ordinal, nominal dan juga data interval. Sehingga jenis data penelitian rasio ini merupakan data yang berbentuk angka dan juga dilengkapi dengan titik nol absolute atau mutlak dan juga bisa diterapkan dengan cara diolah dan dianalisis dengan sistem operasi matematika.

3 dari 3 halaman

Macam Data Penelitian Berdasarkan Sumbernya

7. Data Primer
Berdasarkan sumbernya, jenis data penelitian primer ini bisa didapatkan oleh peneliti langsung dari sumber datanya. Jenis data penelitian primer ini bisa disebut juga sebagai data asli. Selain itu, untuk jenis data penelitian primer ini bisa dilakukan pembaharuan ataupun update, sehingga data yang kamu peroleh pun selalu baru.

Untuk memperoleh data primer ini, ada beberapa cara bisa kamu lakukan misalnya dengan wawancara, observasi secara langsung, diskusi terfokus dalam grup serta dengan melakukan penyebaran kuisioner.


8. Data Sekunder
Berbeda dengan data primer yang bisa didapatkan secara langsung dari sumbernya, data sekunder ini diperoleh dari berbagai sumber yang telah ada. Namun tentu saja data yang kamu dapatkan ini harus berasal dari tangan pertama.

Untuk memperoleh data sekunder, kamu bisa mendapatkannya dari Badan Pusat Statistik atau BPS, buku ataupun jurnal dan juga laporan yang terkait dengan penelitian yang kamu buat.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini