Lakukan 5 Hal Ini Saat Tiba di Rumah Setelah Bepergian, Cegah Penyebaran Virus Corona

Jumat, 3 April 2020 13:35 Reporter : Novi Fuji Astuti
Lakukan 5 Hal Ini Saat Tiba di Rumah Setelah Bepergian, Cegah Penyebaran Virus Corona ilustrasi corona. ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Di tengah pandemi virus Corona atau covid-19, imbauan di rumah saja sudah digencarkan demi terhindar dari penularan virus Corona. Meski begitu tak jarang, beberapa orang masih bepergian entah karena pekerjaan yang tidak bisa dilakukan di rumah ataupun keperluan mendadak seperti membeli kebutuhan pokok.

Bagi kamu yang terpaksa harus tetap keluar rumah pada saat merebaknya wabah virus Corona COVID-19 ini, penting untuk selalu memastikan kebersihan saat tiba di rumah. Hal ini karena pemicu penularan virus ini bisa terjadi di mana saja, dan kamu tidak bisa melihatnya.

Oleh karena itu, bila kamu terpaksa harus pergi keluar rumah, jangan lupa untuk melakukan beberapa tindakan pencegahan. Hal ini demi menjaga kesehatan diri sendiri dan orang-orang tersayang yang ada di rumah.

Berikut ini ada 5 langkah yang harus kamu lakukan saat tiba di rumah setelah bepergian demi mencegah penyebaran virus Corona yang telah dirangkum merdeka.com melalui berbagai sumber pada Jumat (3/4/2020).

1 dari 5 halaman

1. Masuk rumah tanpa alas kaki

011 tantri setyorini

Roadandtrack.com

Langkah pertama untuk mencegah virus Corona saat tiba di rumah setelah bepergian adalah melepas alas kaki. Pastikan kamu masuk ke rumah tanpa alas kaki. Alasannya karena alas kaki yang kamu pakai dapat membawa virus dan bakteri ketika kaki berkeringat. Hal tersebut dapat menyebabkan penyebaran virus jika kamu membawa masuk alas kaki ke rumah atau meletakkannya di sembarang tempat.

Maka, jika biasanya kamu meletakkan alas kaki di dalam kamar, segera pindahkan ke depan rumah agar kamu tidak perlu memasukkan alas kaki ke dalam rumah. Setelah itu, kamu bisa masuk ke dalam rumah dengan bertelanjang kaki.

Selain masuk rumah tanpa alas kaki, kamu juga tidak dianjurkan memegang barang apapun dan hindari berjabat tangan dengan orang-orang di rumah. Cukup dengan mengucapkan salam untuk mencegah penyebaran virus Corona ke anggota keluarga di rumah.

2 dari 5 halaman

2. Semprot alkohol disinfektan pada pakaian, ponsel, tas hingga kunci

Langkah kedua adalah selalu pastikan untuk menyemprotkan alkohol disinfektan pada pakaian, ponsel, tas, kacamata, laptop hingga kunci. Hal ini perlu dilakukan agar bakteri atau virus yang menempel pada benda-benda tersebut hilang.

Kandungan alkohol serta konsentrasi biosida yang tinggi dalam cairan disinfektan diyakini efektif untuk membunuh bakteri, virus, kuman, dan mikroorganisme pada permukaan benda mati apa pun, yang menjadi perantara virus atau bakteri berbahaya, bila dihirup atau disentuh oleh manusia.

3 dari 5 halaman

3. Jangan sentuh apapun dan langsung cuci tangan pakai sabun dengan air yang mengalir

ilustrasi cuci tangan

2012 Shutterstock/Voronin76

Langkah berikutnya untuk mencegah virus Corona setelah bepergian dengan mencuci tangan pakai sabun dan air yang mengalir selama 20 detik. Setelah di dalam rumah, usahakan langsung ke sumber air, wastafel, atau kamar mandi untuk mencuci tangan. Hal ini untuk membunuh kuman dan virus yang menempel di tangan kamu.

Biasakan ketika sampai rumah, jangan menyentuh apapun seperti main handphone terlebih dahulu, atau duduk santai sambil rebahan. Hindari juga kontak langsung dengan anak-anak , lansia maupun anggota keluarga lainnya.

4 dari 5 halaman

4. Jangan rebahan sebelum mandi

Setibanya di rumah, biasanya kita akan langsung rebahan atau tidur-tiduran santai. Untuk mencegah penyebaran virus Corona, maka mulai sekarang harus mengubah kebiasaan tersebut. Kamu harus memastikan tubuhmu bersih dari virus agar tidak mengontaminasi barang-barang di dalam kamar.

Maka dari itu, sebelum rebahan lebih baik kamu mandi terlebih dahulu agar virus yang menempel di pakaian maupun tubuhmu tidak berpindah ke barang-barang di kamar kamu.

5 dari 5 halaman

5. Mandi dan ganti baju yang bersih

air hangat

2016 Merdeka.com

Sekali lagi, setelah tiba di rumah sebaiknya kamu langsung mandi dan ganti baju yang bersih. Sebab, mandi merupakan salah satu cara mencegah Corona masuk ke rumah kamu. Mengingat setelah bepergian, banyak debu dan polusi yang menempel di tubuh. Kuman maupun virus yang menempel bisa dihilangkan dengan cara mandi.

Jangan lupa untuk memastikan seluruh badan kamu bersih mulai dari ujung kepala hingga ujung kaki. Setelah itu ganti baju dengan baju yang bersih, usahakan juga untuk langsung mencuci baju yang sebelumnya dipakai agar tidak menyebarkan virus.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini