Lagunya Dinyanyikan di Istana Negara, Ini Deretan Fakta Sosok Abah Lala

Kamis, 18 Agustus 2022 18:42 Reporter : Miftahul Arifin
Lagunya Dinyanyikan di Istana Negara, Ini Deretan Fakta Sosok Abah Lala abahlalareal. ©2022 Merdeka.com/Instagram-abahlalareal

Merdeka.com - Nama penyanyi cilik Farel Prayoga kini tengah mencuri perhatian masyarakat Indonesia. Pasalnya saat kirab peringatan HUT ke-77 Republik Indonesia 17 Agustus kemarin, ia tampil begitu percaya diri bernyanyi di depan Presiden Jokowi dan tamu penting lainnya.

Dalam kesempatan tersebut, penyanyi asal Banyuwangi itu menyanyikan lagu Ojo Dibandingkeyang tengah hits di media sosial. Lagu ini sendiri merupakan ciptaan musisi bernama Abah Lala.

Lantas apa saja fakta menarik soal Abah Lala ini? Berikut ulasan selengkapnya.

2 dari 3 halaman

1. Nama Asli

abahlalareal

©2022 Merdeka.com/Instagram-abahlalareal

Musisi asal Boyolali, Jawa Tengah ini memiliki nama asli Agus Purwanto. Pria yang lahir pada 24 Oktober 1986 ini pernah menempuh pendidikan di SMK Negeri 8 Solo dan Institut Seni Indonesia Surakarta dengan jurusan Pendalangan.

2. Seniman Gedruk

abahlalareal

©2022 Merdeka.com/Instagram-abahlalareal

Ia memulai kariernya sebagai seniman gedruk yang merupakan kesenian tarian daerah Boyolali. Ia lantas melebarkan kariernya di dunia tarik suara dengan membentuk grup orkes melayu. Namanya makin dikenal masyarakat tanah air setelah mempopulerkan jargon cendol dawet.

3 dari 3 halaman

3. Asal Nama Abah Lala

abahlalareal
©2022 Merdeka.com/Instagram-abahlalareal

Ada cerita menarik soal nama panggung Abah Lala yang dipakainya hingga saat ini. Suatu ketika dirinya tengah berkomunikasi dengan temannya memakai perangkat handy talky (HT).

Ia kemudian asal menjawab dengan kata 'Lala' lantaran sedang menonton serial kanak-kanak populer, Teletubbies. Lala sendiri adalah salah satu dalam serial itu.

4. Pencipta Lagu

 abahlalareal

©2022 Merdeka.com/Instagram-abahlalareal

Abah Lala memiliki Orkes Melayu bernama MG 86 yang beranggotakan mantan Tenaga Kerja Indonesia (TKI) dan juga petani ladang.

Sebelum Aja Dibandingke, Abah Lala juga telah menciptakan beberapa lagu hits. Beberapa di antaranya adalah Ra Ngedan Ra Bebas, Nyikso Rogo, Pengin Nduweni, Gede Roso, Dewe-Dewe, hingga Aku sing Berjuang.

[mif]
Topik berita Terkait:
  1. tag
  2. Tren
  3. Jawa Barat
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini