Korban Pohon Tumbang di Kota Bandung Dapat Asuransi Rp50 Juta, Begini Prosedurnya

Sabtu, 14 November 2020 12:14 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Korban Pohon Tumbang di Kota Bandung Dapat Asuransi Rp50 Juta, Begini Prosedurnya mercy tertimpa pohon tumbang. ©2014 merdeka.com/arie basuki

Merdeka.com - Pemerintah Kota Bandung memberikan bantuan asuransi kepada korban pohon tumbang di jalanan Kota Bandung. Asuransi ini dimulai pada periode Oktober 2020 hingga Oktober 2021.

Kepala UPT Penghijauan dan Pemeliharaan Pohon Dinas Perumahan, Kawasan Pemukiman, Pertanahan dan Pertamanan (DPKP3) Kota Bandung, Roslina menyebut, terdapat beberapa klasifikasi bantuan yang bisa didapatkan masyarakat. Seperti korban luka, meninggal, serta kerugian terhadap kendaraan.

“Kerusakan kendaraan maksimal Rp25 juta. Kalau menimpa manusia dan mengalami luka akan diberikan Rp20 juta. Jika hingga meninggal dunia sebesar Rp50 juta," ujar Roslina dalam keterangannya yang dikutip dari Liputan6, Kamis (12/11/2020)

Roslina menyebut terdapat prosedur bagi masyarakat, korban pohon tumbang yang hendak mengklaim asuransi bantuan.

2 dari 4 halaman

Melaporkan Kejadian ke Pihak Kepolisian

pohon tumbang di bandung
©2019 Merdeka.com/Aksara Bebey

Langkah pertama yang harus dilakukan korban pohon tumbang adalah dengan melaporkan kecelakaan ke pihak kepolisian. Setelah diproses, pihak bersangkutan bisa meneruskan pelaporannya ke DPKP3 guna tindak lanjut lebih oleh pihak asuransi.

“Masyarakat yang menjadi korban pohon tumbang dapat melaporkan peristiwa yang dialami ke polisi. Selanjutnya, melapor ke DPKP3 dan akan diproses oleh pihak asuransi," terangnya

3 dari 4 halaman

Melampirkan Bukti

Dalam proses pengklaiman asuransi tersebut, yang bersangkutan sebisa mungkin menjelaskan kronologis lengkap mulai daro kronologi hingga dampak yang ditimbulkan.

“Usahakan melampirkan bukti selengkap mungkin ya, mulai dari kronologis kejadian, kerusakan yang ditimbulkan hingga luka seperti apa yang dialami korban” tambahnya

4 dari 4 halaman

Antisipasi Dari Pihak Pemkot

Sementara itu, terkait antisipasi, pihaknya telah mengidentifikasi 40.500 dari 1.980.000 pohon di Kota Bandung. Di bulan Oktober lalu pihaknya telah berhasil memangkas 2.591 pohon dengan kategori kondisi yang tidak layak.

"Kita sudah memaksimalkan dengan memilah dan memangkas pohon. Jika pohon sudah memang kelihatan kering dan keropos, kita akan pangkas. Selanjutnya kita lakukan pengembangan dengan mengganti pohon baru," imbuhnya.

Roslina menambahkan sepanjang tahun 2020 sendiri di Kota Bandung telah terjadi 150 kasus pohon tumbang. Dengan 75 kasus disebabkan oleh patah dahan, sedangkan 61 kasus lainnya disebabkan oleh kondisi akar.

Saat ini, pihaknya terus memaksimalkan pemeliharaan, dengan melakukan pemangkasan secara rutin di empat lokasi dalam satu hari.

"Kita rutin pemangkasan, dalam satu hari minimal empat lokasi pemangkasan, mulai dari akar, tinggi pohon, dan ranting," Roslina menjelaskan.

[nrd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini