Klarifikasi Penemuan Limbah Berbahaya, BAPETEN Akan Lakukan Pembersihan

Senin, 17 Februari 2020 11:45 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Klarifikasi Penemuan Limbah Berbahaya, BAPETEN Akan Lakukan Pembersihan Penemuan Radioaktif. Liputan6.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Ditemukannya limbah senyawa Radioaktif atau Peluruhan Nuklir di perumahan warga Batan Indah, Setu Tangerang Selatan, Sabtu (15/2) kemarin. Penemuan ini menimbulkan kepanikan warga, mengingat paparan radioaktif dikenal sangat berbahaya bagi manusia.

Penemuan limbah berbahaya itu berawal ketika petugas Badan Pengawas Tenaga Nuklir (BAPETEN) saat melakukan pengecekan rutin, pada 30-31 Januari 2020 lalu. Saat pertama kali ditemukan, paparan radiasi dari limbah ini berada di lingkungan sekitar area tanah kosong. Tepatnya di samping lapangan voli blok J sebuah perumahan di Tangerang.

Limbah radioaktif tersebut masih di batas wajar alias normal, namun ketika pengecekan kedua tingkat radiasinya meningkat. Kabag Komunikasi Publik dan Protokol BAPETEN, Abdul Qohhar memberikan klarifikasi terkait penemuan limbah berbahaya itu.

“Tim uji fungsi melakukan pengecekan ulang dan penyisiran di sekitar daerah tersebut dan ditemukan nilai paparan radiasi lingkungan dengan laju paparan terukur signifikan di atas nilai normal," ungkapnya Qohhar, dilansir dari Liputan6.com, Senin (17/2).

Baca Selanjutnya: Diduga Sengaja Dibuang...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini