Ketahui Pengertian Ijtihad, Rukun beserta Fungsinya, Berikut Syarat dari Mujtahid

Rabu, 21 April 2021 09:01 Reporter : Andre Kurniawan
Ketahui Pengertian Ijtihad, Rukun beserta Fungsinya, Berikut Syarat dari Mujtahid khatam quran di tengah pandemi. ©2020 Merdeka.com/Arie Basuki

Merdeka.com - Islam adalah agama yang sempurna. Agama ini memperhatikan umatnya dari urusan-urusan yang penting, hingga hal-hal kecil dalam kehidupan. Maka beruntunglah bagi kaum muslimin, karena kehidupannya sudah diatur sedemikian rupa oleh agama Islam. Adalah Al Quran dan Sunnah yang menjadi dua sumber pedoman dalam hidup seorang muslim.

Tapi sebagai salah satu agama terbesar di dunia, umat Islam juga sering dihadapkan dengan berbagai permasalahan, terutama yang berkaitan dengan syara atau ibadah. Oleh karena itu, selain menggunakan Al Quran dan Sunnah, ulama juga menggunakan ijma dan qiyas sebagai instrumen untuk membantu memecahkan masalah umat.

Selain itu, para ulama juga harus melakukan ijtihad dalam mencari solusi permasalahan yang dihadapi umat Islam. Berbagai perbedaan mazhab yang kita kenal saat ini merupakan hasil dari ijtihad. Kita tahu tidak ada yang salah dari mazhab-mazhab tersebut karena itu semua merupakan hasil terbaik dari para mujtahid untuk menemukan hukum terbaik.

Dengan adanya ijtihad, Islam menjadi agama yang luwes, dinamis, fleksibel sesuai dengan dinamika zaman.

Dalam artikel kali ini, kami akan membawa Anda untuk memahami lebih lanjut mengenai pengertian ijtihad, fungsinya, dan juga mengetahui bagaimana rukun serta syarat dari seorang mujtahid.

Baca Selanjutnya: Pengertian Ijtihad...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini