Kelebihan dan Kekurangan Tabungan Emas, Pahami Sebelum Berinvestasi

Kamis, 6 Januari 2022 12:21 Reporter : Andre Kurniawan
Kelebihan dan Kekurangan Tabungan Emas, Pahami Sebelum Berinvestasi Ilustrasi emas. ©2014 Merdeka.com/www.topgoldinvestment.com

Merdeka.com - Dari kecil, kita sudah diajarkan untuk rajin menabung. Memiliki tabungan memang sangat penting, karena tabungan dapat dijadikan sebagai perencanaan finansial untuk masa yang akan datang.

Dan saat ini, jenis tabungan tak hanya melibatkan uang saja. Anda juga bisa mencoba memulai tabungan emas. Jenis tabungan emas ini cukup digemari karena menawarkan keuntungan yang menarik, yaitu nilai asetnya yang tidak tergerus inflasi secara signifikan.

Selain itu, harganya juga stabil dan cenderung naik. Jadi jangan heran jika tabungan emas dinilai sebagai investasi yang menguntungkan dan mudah diatur. Tapi, sama seperti bentuk investasi lainnya, ada kelebihan dan kekurangan tabungan emas yang perlu Anda ketahui juga.

Memahami dan mempelajari kelebihan dan kekurangan tabungan emas atau investasi lainnya sangat penting sebelum Anda mulai berinvestasi. Dengan mengetahui apa saja kelebihan dan kekurangan tabungan emas, Anda bisa menilai apakah jenis tabungan ini cocok dengan kebutuhan Anda atau tidak.

Apa saja kelebihan dan kekurangan tabungan emas? Jika Anda tertarik dengan jenis investasi ini, berikut kami ulas beberapa kelebihan dan kekurangan tabungan emas yang bisa dilakukan di Pegadaian, yang dilansir dari kapanlagi.com.

2 dari 4 halaman

Kelebihan dan Kekurangan Tabungan Emas Pegadaian

Kelebihan

Lebih Aman dan Terpercaya

Pegadaian adalah perusahaan resmi yang memberikan layanan pada masyarakat dalam berbagai jenis fungsi, baik dalam berinvestasi atau pun transaksi lainnya. Salah satu produk dari Pegadaian sendiri adalah tabungan emas.

Jika Anda ingin memulai tabungan emas, Anda mungkin bisa mencobanya melalui Pegadaian. Dengan pengawasan dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK), Anda akan merasa aman dan yakin ketika ingin membuka tabungan emas. Terlebih, Pegadaian juga akan menjamin tabungan emas Anda sehingga membuatnya menjadi pilihan yang sesuai dan juga aman.

Mudah dan Praktis

Kelebihan lainnya dari tabungan emas di Pegadaian adalah kemudahan ketika bertransaksi atau berinvestasi. Anda tidak perlu datang langsung ke Pegadaian. Karena Anda dapat melakukan investasi emas di mana saja dan kapan saja, melalui transfer bank atau pun melalui online untuk top up saldo tabungan emas Anda.

Bisa Dicairkan dalam Bentuk Fisik

Anda juga bisa mencairkan tabungan emas Anda dalam bentuk fisik. Ini adalah kelebihan lain yang bisa Anda dapatkan ketika membuka tabungan emas di Pegadaian.

Dilansir dari laman pegadaian.co.id, tabungan emas yang Anda miliki dapat dicetak dalam berbagai jenis bentuk fisik emas batangan, seperti Antam, UBS, ataupun Galeri. Ada sejumlah pilihan cetak yang bisa Anda pilih, yakni kisaran 1 gram hingga 100 gram.

Namun, mencetak emas secara fisik baru dilakukan jika saldo Anda sudah mencukupi untuk melakukan cetak fisik. Namun setelah proses cetak, kalian diharuskan memiliki saldo dengan kisaran senilai 0,1 gram agar rekening tabungan tetap aktif.

Administrasi lebih Ringan

Membuka tabungan emas, sama seperti membuka tabungan lainnya, yaitu diperlukan biaya administrasi. Tapi tenang, karena biaya administrasi yang harus dikeluarkan untuk membuka tabungan emas di Pegadaian cenderung lebih ringan.

Anda hanya perlu mengeluarkan biaya sekitar Rp 10.000,-. Dan jika Anda ingin berinvestasi emas selama 12 bulan, dikenakan biaya sekitar Rp 30.000,-. Angka-angka ini terbilang cukup terjangkau bukan.

3 dari 4 halaman

Beli Emas lebih Murah

Kelebihan memiliki tabungan emas di Pegadaian yang berikutnya adalah Anda dapat membeli emas dengan harga yang terjangkau atau lebih murah. Ketika Anda ingin berinvestasi emas di Pegadaian, Anda tidak perlu mencemaskan dana untuk membeli emas.

Karena di Pegadaian, Anda dapat memulai investasi emas dengan berat 0,1 gram. Jadi, Anda akhirnya bisa menabung emas dengan harga yang lebih murah. Kisaran harganya sendiri sekitar Rp 50.000,- sampai Rp 70.000,-.

Lebih Terjamin

Membuka tabungan emas di Pegadaian juga lebih terjamin. Melalui lama pegadaian.co.id, tabungan emas lebih terjamin dengan karatase 24 karat.

Begitu juga dengan pengelolaan dan penyimpanan tabungan emas Anda. Poin ini bisa menjadi bahan pertimbangan jika Anda tertarik membuka tabungan emas.

Buyback

Selain tabungan emas, kalian juga dapat menjual kembali emas di Pegadaian. Manfaat ini jelas menguntungkan, karena Anda tidak perlu repot-repot lagi jika ingin menjual emas yang Anda miliki. Inilah yang juga menjadi kelebihan dari tabungan emas di Pegadaian.

4 dari 4 halaman

Kekurangan Tabungan Emas

Belum dapat Mencetak di Seluruh Outlet Pegadaian

Kekurangan tabungan emas di Pegadaian yang pertama adalah Anda belum dapat melakukan transaksi di seluruh outlet yang Anda temui. Ini karena Anda hanya dapat melakukan transaksi yakni cetak order di outlet tempat Anda membuka rekening tabungan emas.

Berat Minimal untuk Pencairan

Terkait pencairan, terdapat berat minimal yang sebaiknya Anda ketahui ketika ingin membuka tabungan emas di Pegadaian. Minimal berat tersebut di antaranya yaitu Anda harus memiliki saldo emas sekitar 0,1 gram agar rekening tabungan tetap aktif, begitu juga dengan biaya penitipan. Kemudian untuk mencairkannya dengan uang tunai, Anda harus memiliki minimal berat 5 gram.

Terdapat Kurs Jual dan Beli

Kekurangan tabungan emas di Pegadaian lainnya yaitu adanya kurs jual dan beli. Seperti yang diketahui, tabungan emas biasanya memiliki selisih ketika kita ingin melakukan pembelian atau pun menjualnya. Untuk mengetahui kurs jual dan beli kalian dapat mengunjungi langsung laman pegadaian.co.id ataupun mengunjungi outlet terdekat.

Itulah beberapa kelebihan dan kekurangan tabungan emas di Pegadaian. Akan lebih jika Anda memahami terlebih dulu ketentuan dari sebuah investasi sebelum masuk ke dalamnya. Hal ini juga untuk mencegah hal-hal yang tidak diinginkan seperti penipuan atau investasi ilegal.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini