Kebakaran Gunung Ciremai Kembali Terjadi, Begini Faktanya

Rabu, 28 September 2022 08:42 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Kebakaran Gunung Ciremai Kembali Terjadi, Begini Faktanya Kebakaran Gunung Ciremai Meluas. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Petugas gabungan dari BPBD, petugas taman nasional, TNI-Polri, serta sejumlah unsur lainnya terus berjibaku untuk memadamkan kebakaran yang kembali terjadi di Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC), Kabupaten Kuningan, Jawa Barat, pada Selasa (27/9).

Sebelumnya kebakaran pertama kali terjadi di blok Jalan Maling, area BTNGC pada Minggu (25/9) siang dan sempat berhasil dipadamkan pada malam harinya.

“Dari laporan, sampai dengan saat ini sudah kami lakukan penanganan, di sini kami membagi petugas menjadi dua kelompok” kata Kasi Wilayah I Kuningan, Balai TNGC, San Andre, dikutip dari ANTARA.

2 dari 4 halaman

Kembali Terjadi Akibat Tiupan Angin

Kuat dugaan kebakaran di area Gunung Ciremai tersebut terjadi akibat kencangnya tiupan angin yang terjadi pada Senin (26/9) pagi. Akibatnya, api kemudian muncul di wilayah utara gunung, tepatnya Blok Cileutik yang lantas terus meluas.

Andre mengatakan, untuk melokalisir api, para anggota yang bertugas memadamkan kebakaran langsung dibagi dan difokuskan di Blok Cirenda yang terus berpindah ke Blok Pejaten hingga Blok Batuluhur, Kecamatan Pasawahan.

“Kedua kelompok petugas itu ditempatkan di Blok Pejaten dan Blok Batuluhur, dan sampai saat ini, Selasa petang, kebakaran ini masih belum selesai,” ujar Andre.

3 dari 4 halaman

Terkendala Lembah Curam

Dalam kegiatan pemadaman api tersebut, turut dikerahkan sebanyak kurang lebih 150 personel dengan menggunakan sejumlah peralatan seperti jet shooter, selang air, hingga truk tangki pemadam.

Salah satu kendala yang dihadapi petugas di lapangan adalah sulitnya medan. Hal ini karena wilayah utara yang menjadi lokasi kebakaran merupakan kawasan lembah dengan bebatuan terjal. Namun begitu petugas terus berusaha memperkecil sebaran api.

Dari hasil pemetaan petugas, jumlah luasan lahan yang terbakar di area Balai Taman Nasional Gunung Ciremai sampai Senin 26 September mencapai 48,53 hektare. Namun hingga kini, penyebab pasti belum bisa dipastikan.

4 dari 4 halaman

Terjadi Tiga Kali Kebakaran Selama September

kebakaran gunung ciremai meluas
Kebakaran Gunung Ciremai ©2019 Merdeka.com

Dilansir dari Liputan6, diberitakan jika kebakaran di Balai Taman Nasional Gunung Ciremai (BTNGC) sudah terjadi sebanyak dua kali pada bulan September ini. Kejadian pertama terjadi pada awal bulan lalu di mana kebakaran melalap lahan di kawasan Pejaten, Kuningan.

Kemudian yang kedua terjadi di Blok Cileutik, yang selanjutnya bisa dipadamkan pada Minggu, 25 September malam. Kemudian kebakaran kembali terjadi di Blok Cirenda.

Pihak BTNGC pun sempat menggencarkan upaya patroli guna meminimalisir kejadian serupa.

[nrd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini