Jenis Penyakit Payudara yang Penting Diwaspadai, Jangan Anggap Sepele

Jumat, 1 Juli 2022 17:30 Reporter : Novi Fuji Astuti
Jenis Penyakit Payudara yang Penting Diwaspadai, Jangan Anggap Sepele Ilustrasi Kanker Payudara. ©2015 Merdeka.com

Merdeka.com - Payudara adalah pelengkap organ reproduksi wanita. Payudara tersusun dari jaringan lemak yang mengandung kelenjar–kelenjar yang bertanggung jawab terhadap produksi susu pada saat hamil dan setelah bersalin.

Kedua payudara tidak selalu mempunyai ukuran dan bentuk yang sama. Bentuk payudara mulai terbentuk lengkap satu atau dua tahun setelah menstruasi pertama kali. Hamil dan menyusui akan menyebabkan payudara bertambah besar dan akan mengalami pengecilan (atrofi) setelah menopause.

Baik perempuan maupun laki-laki, penting sekali untuk mengenai bagaimana cara merawat kesehatan payudara agar terhindar dari berbagai jenis penyakit payudara. Salah satunya adalah kanker payudara yang tidak hanya terjadi pada perempuan tetapi juga pada laki-laki.

Berikut ini informasi lengkap mengenai jenis penyakit payudara yang telah dirangkum merdeka.com melalui repository.unimus.ac.id pada Jumat, (01/07/2022).

2 dari 3 halaman

1. Kanker Payudara


Jenis penyakit payudara yang penting diwaspadai pertama adalah kanker payudara yang merupakan suatu penyakit di mana terjadi pertumbuhan berlebihan atau perkembangan tidak terkontrol dari sel-sel (jaringan) payudara. Hal ini bisa terjadi pada wanita maupun pria.

Di seluruh penjuru dunia, penyakit kanker payudara (Breast cancer/Carsinoma mammae) menjadi penyakit kanker yang menyebabkan kematian nomor lima setelah kanker paru, kanker rahim, kanker hati, dan kanker usus.

Pengobatan yang paling lazim untuk mengatasi jenis penyakit payudara ini adalah dengan pembedahan dan jika perlu dilanjutkan dengan kemoterapi maupun radiasi.

Faktor Risiko Kanker Payudara
Penyebab kanker payudara tidak diketahui, tetapi ada beberapa faktor risiko yang menyebabkan seorang wanita menjadi lebih mungkin menderita kanker payudara.
Berberapa faktor resiko tersebut adalah sebagai berikut yaitu:

a. Usia
Sekitar 60% kanker payudara terjadi pada usia di atas 60 tahun. Risiko terbesar ditemukan pada wanita berusia di atas 75 tahun.

b. Pernah menderita kanker payudara
Wanita yang pernah menderita kanker in situ atau kanker invasive memiliki risiko tertinggi untuk menderita kanker payudara. Setelah payudara yang terkena diangkat, maka risiko terjadinya kanker pada payudara yang sehat meningkat sebesar 0,5-1% pertahun.

c. Riwayat keluarga yang menderita kanker payudara
Wanita yang ibu, saudara perempuan, atau anaknya menderita kanker, memiliki risiko 3 kali lebih besar untuk menderita kanker payudara.

d. Pernah menderita penyakit payudara non-kanker
Risiko menderita kanker payudara agak lebih tinggi pada wanita yang pernah menderita penyakit payudara non-kanker yang menyebabkan bertambahnya jumlah saluran air susu dan terjadinya kelainan struktur jaringan payudara (hiper plasia atipik).

3 dari 3 halaman

2. Kista Payudara


Tak hanya kanker payudara, jenis penyakit payudara yang juga wajib diwaspadai adalah kista payudara. Kista memang dapat tumbuh di mana pun artinya tak hanya tumbuh di rahim. Kista juga dapat tumbuh pada payudara.

Kista pada payudara dapat berupa kantung berisi cairan yang terdapat pada kelenjar susu dan jaringan di sekitarnya. Ciri benjolan kista adalah berbentuk bundar, halus, licin, dan dapat bergerak bebas. Jika diraba, benjolan kista terasa seperti balon berisi air.

Biasanya, kista akan muncul di kedua sisi payudara dan bisa hilang sendiri. Kamu tak perlu khawatir karena kista tidak meningkatkan risiko kanker payudara.

3. Fibroadenoma mammae
Jenis penyakit payudara yang satu ini paling dikeluhkan banyak orang. Fibroadenoma mammae atau disingkat FAM merupakan tumor yang lebih cepat membesar pada masa kehamilan, menyusui, dan menjelang menopause.

Tumor ini bisa dibilang paling sering dikeluhkan banyak orang. Berasal dari kelenjar dan jaringan ikat dengan bentuk berupa benjolan bulat, kenyal padat, simpai licis, batas tegas, mudah digerakkan, dan tidak terasa nyeri. Kamu bisa mengatasinya dengan metode operasi.

4. Hiperplasia Payudara
Jenis penyakit payudara yang satu ini bisa dibilang telah dialami oleh sebagian besar perempuan. Hiperplasia payudara merupakan peningkatan pertumbuhan jumlah sel normal secara berlebihan sehingga ukuran payudara berubah.

Hiperplasia berat dan berkepanjangan diketahui dapat meningkatkan risiko terjadinya kanker payudara. Karena itu, segera berkonsultasilah dengan dokter jika merasakan jenis penyakit payudara ini yang dapat kamu buktikan dengan adanya perubahan bentuk dan ukuran payudara secara tidak wajar.

[nof]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini