Jenis Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan, Jadikan Tubuh Lebih Gesit

Senin, 21 Juni 2021 17:01 Reporter : Andre Kurniawan
Jenis Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan, Jadikan Tubuh Lebih Gesit ilustrasi lari. ubiquinol.net.au

Merdeka.com - Kecepatan sangat dibutuhkan di banyak cabang olahraga, seperti lomba lari, sepak bola, basket, voli, dan masih banyak lagi. Bagi atlet, kecepatan wajib untuk dimiliki dan berperan penting dalam aktivitas olahraga mereka.

Kecepatan adalah bagian yang tak terpisahkan dari olahraga. Kecepatan sendiri adalah kemampuan untuk melakukan gerakan-gerakan yang sejenis secara berurutan dalam waktu yang sesingkat-singkatnya atau kemampuan untuk menempuh suatu jarak yang sesingkat-singkatnya.

Melatih kecepatan menjadi sangat penting bagi setiap olahragawan. Untuk meningkatkan kecepatan, maka dibutuhkan peningkatanlangkahpanjang , frekuensi langkah, dan output daya. Oleh karenanya, salah satu cara terbaik untuk mencapai ketiga hal tersebut adalah dengan latihan kekuatan.

Mengapa kekuatan? Karena peningkatan kekuatan juga akan menghasilkan lebih banyak kekuatan yang dapat Anda masukkan ke setiap langkah. Hal ini menghasilkan rentang langkah yang lebih panjang dan output daya. Kemudian untuk frekuensi langkah adalah masalah teknik.

Selain itu, latihan kekuatan juga memiliki manfaat tambahan, yaitu tubuh menjadi lebih tahan terhadap cedera. Dilansir dari laman americanfootballinternational.com, berikut adalah jenis latihan yang dapat meningkatkan kecepatan Anda.

2 dari 4 halaman

Hip Hinge

Jenis latihan untuk meningkatkan kecepatan yang pertama adalah Hip Hinge. Latihan hip hinge yang sering kita lihat adalah Deadlift. Ini adalah pengembang otot-otot posterior tubuh yang kuat.

Otot glute, paha belakang, dan punggung atas mengalami peningkatan kekuatan melalui Deadlifts. Namun, tidak semua orang perlu melakukan deadlift dengan barbel.

Setelah Deadlift ada Hip Thrust, yang merupakan penguat otot glute lainnya. Dikatakan bahwa otot glute adalah pembangkit tenaga tubuh, terutama dalam hal atletik.

ilustrasi squat

healthline.com

Squat

Jenis latihan untuk meningkatkan kecepatan yang kedua adalah squat. Menambahkan squat ke dalam latihan Anda akan mengembangkan kemampuan untuk memberikan lebih banyak tekanan ke tanah.

Ada alasan mengapa banyak pelatih kekuatan menggunakan jenis latihan ini sebagai cara ideal untuk membangun kecepatan. Melakukan squat akan menggunakan banyak otot besar pada tubuh bagian bawah.

3 dari 4 halaman

Latihan Tubuh bagian Atas

Jenis latihan untuk meningkatkan kecepatan ketiga yaitu dengan push atau pull. Saat melakukan latihan kekuatan untuk kecepatan, tubuh bagian atas cenderung tidak mendapatkan apa-apa karena tubuh bagian atas memang tidak banyak berkontribusi untuk bergerak cepat. Namun, membangun kekuatan di tubuh bagian atas akan membantu gerakan lengan yang diperlukan untuk menarik kaki.

Ketika olahraga yang mengandalkan kecepatan terlihat banyak menggunakan tubuh bagian bawah, tubuh bagian atas dan lengan bertugas menggerakkan tubuh. Kaki hanya akan bergerak secepat lengan bisa bergerak. Untuk melatihnya, Anda bisa melakukan gerakan push seperti Bench Press atau Overhead Press, baik dengan barbel atau dumbel, dan Push-Up.

ilustrasi olahragablog.ochsner.org

Latihan Satu Kaki

Jenis latihan untuk meningkatkan kecepatan yang keempat adalah dengan melatih satu kaki. Gerakan satu kaki ideal untuk membantu meningkatkan kecepatan karena sprint pada dasarnya adalah sekumpulan gerakan satu kaki.

Oleh karena itu, meningkatkan kekuatan satu kaki kita dapat membawa banyak pengaruh ke dalam olahraga kita. Gerakan satu kaki yang bisa dimasukkan ke dalam latihan kekuatan untuk program kecepatan adalah Split Squats, Step-Ups, Single-Leg Deadlifts, dan Lunge.

4 dari 4 halaman

Hamstring

ilustrasi lari menuju matahari©2014 Merdeka.com/Ilustrasi dikubur dalam pasir

Jenis latihan untuk meningkatkan kecepatan kelima yaitu latihan pada hamstring. Untuk meningkatkan kecepatan, paha belakang menjadi otot terpenting dalam tubuh. Ketika mereka lemah, mereka cenderung sering tegang, dan bertanggung jawab atas melambatnya kecepatan.

Jika kita ingin menjaga kecepatan, perkuat hamstring Anda, terutama menggunakan latihan eksentrik. Latihan seperti Slide Disc Curls, Nordic Curls dan Glute-Ham Raise akan memberikan banyak manfaat untuk memperkuat paha belakang Anda.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini