Jatinangor Bakal Punya Taman Bunga Seluas 8 Hektare, Ini Bocoran Fasilitasnya

Rabu, 25 Mei 2022 14:40 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Jatinangor Bakal Punya Taman Bunga Seluas 8 Hektare, Ini Bocoran Fasilitasnya Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir di Jatinangor National Flower Park. ©2022 sumedangkab.go.id/Merdeka.com

Merdeka.com - Wilayah Jatinangor di Kabupaten Sumedang, Jawa Barat, bakal mempunyai destinasi wisata baru bernama Jatinangor National Flower Park. Nantinya di sana bakal ditanami ribuan bunga dengan banyak jenis, serta fasilitas penunjang pariwisata. Saat ini proses pembangunannya sudah masuk di tahap pertama.

Direktur Utama Bandung Giri Gahana Golf & Resort (BBG), M. Tachril Sapi’ie, selaku pengelola mengatakan jika luas taman bunga akan mencapai sekitar 8 hektare. Lokasinya sendiri akan berdekatan dengan lapangan golf, Cibeusi.

"Tahap pertama mudah-mudahan segera selesai, dan rencananya mulai dibuka Agustus ini," kata Tachril, dikutip dari laman resmi Kabupaten Sumedang, Rabu (25/5).

2 dari 4 halaman

Bocoran Fasilitas di Taman Bunga Jatinangor

jatinangor national flower park

©2022 sumedangkab.go.id/Merdeka.com

Untuk menarik wisatawan dari berbagai daerah, taman bunga Jatinangor akan memiliki sejumlah fasilitas penunjang. Tachril mengatakan, beberapa di antaranya yaitu spot kuliner, bangunan kastil hingga masjid dengan arsitektur menyerupai Kremlin di Rusia.

Ia berharap dengan adanya taman bunga Jatinangor bisa memantik investasi-investasi lainnya, di mana akan menunjang geliat pariwisata dan perekonomian terutama setelah Jalan Tol Cisumdawu beroperasi secara keseluruhan.

"Mudah-mudahan akan dilanjut dengan investasi-investasi lainnya di sekitar sini, karena dengan adanya Tol Cisumdawu ini banyak wisata-wisata baru yang dibangun sesuai dengan janji pak bupati setiap ada exit ada taman wisata,” katanya.

3 dari 4 halaman

Siap Jadi Wisata Kelas Dunia dengan Ciri Khas Sumedang

Sementara itu Bupati Sumedang, Dony Ahmad Munir menyatakan rasa senangnya dengan dibangunnya Jatinangor Nasional Flower Park.

Dony mengaku sangat bahagia melihat langsung progres pembangunan Jatinangor National Flower Park di tahap pertama. Ia turut membocorkan jika ke depan wisata ini akan menjadi destinasi kelas dunia dengan ciri khas ke-Sumedangannya.

“Ini akan menjadi wisata kelas dunia yang menjadi magnet wisatawan datang ke Sumedang, aksesnya sangat mudah karena sudah ada tol Cisumdawu keluar Jatinangor, keluar Cileunyi bisa langsung kesini,” kata bupati, saat melihat langsung progres pembangunan Jatinangor Nasional Flower Park di kawasan BGG Jatinangor, belum lama ini.

4 dari 4 halaman

Pinta Berdayakan Masyarakat Setempat

Dengan dibangunnya lokasi tersebut, Dony meminta kepada pihak pengelola agar memberdayakan masyarakat di wilayah tersebut sehingga memacu pertumbuhan ekonomi di sana.

"Saya minta, sebanyak-banyaknya memberdayakan masyarakat dari wilayah Desa Cileles, Cilayung dan Cibeusi. Setelah tenaga kerja terserap, ekonomi kecil akan tumbuh otomatis menggerakkan ekonomi masyarakat Sumedang," ujarnya.

Menurutnya, pengembangan wisata di Sumedang tidak hanya Jatigede saja melainkan Jatinangor. Di setiap exit Tol Cisumdawu, kata Dony, telah disiapkan destinasi wisata unggulan, bentuk kerjasama dengan perusahaan-perusahaan dengan investor yang masuk.

"Inilah salah satu tempat wisata di wilayah Barat, Jatinangor, yang insya Allah akan menjadi kebanggaan bagi masyarakat Kabupaten Sumedang. Mohon doanya bantuannya semoga semua lancar untuk untuk kemajuan dan kesejahteaan Sumedang," ucapnya [nrd]

Baca juga:
Wisata Cikole yang Wajib Dikunjungi, Unik dan Instagramable
Wisata Batang Populer dan Menarik, Bisa Jadi Destinasi Liburan Asik
Mengunjungi Ecofarm Kampung Baru di Tangerang, Ajak Pengunjung Selfie di "Eropa"

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini