Jalankan PSBB, Ini 4 Peraturan yang Wajib Ditaati Saat Berkendara di Jalan

Minggu, 19 April 2020 15:04 Reporter : Rakha Fahreza Widyananda
Jalankan PSBB, Ini 4 Peraturan yang Wajib Ditaati Saat Berkendara di Jalan Ilustrasi PSBB. ©2020 Merdeka.com/liputan6.com

Merdeka.com - Presiden Joko Widodo saat ini telah menerapkan status darurat Covid-19 dengan mengambil langkah untuk melakukan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) sejak tanggal 31 Maret 2020 lalu. Hal tersebut dilakukan guna menekan laju penyebaran virus corona di Indonesia.

Hingga saat ini, sejumlah wilayah di Tanah Air sudah mulai menerapkan kebijakan tersebut. Di antaranya DKI Jakarta, Bogor, Depok, Bekasi, dan Tangerang.

DKI Jakarta menjadi wilayah pertama yang telah menerapkan PSBB, yaitu terhitung sejak 10 April 2020. Sejumlah aturan telah diterapkan, salah satunya penggunaan transportasi yang telah tertuang pada pasal Peraturan Gubernur Tahun 2020.

Terdapat 4 peraturan yang wajib ditaati saat berkendara di jalan selama masa PSBB dijalankan. Untuk mengetahui secara rinci berikut kami rangkum 4 peraturan yang wajib ditaati saat berkendara pada masa PSBB yang dilansir dari Liputan6.

1 dari 4 halaman

Kendaraan Tidak Boleh Keluar Rumah

penerapan psbb jakarta

2020 Merdeka.com

Aturan berkendara saat PSBB yang pertama adalah kendaraan tidak boleh keluar rumah pada saat masa PSBB dijalankan. Namun, terdapat pengecualian jika untuk berbelanja kebutuhan pokok dan melakukan pekerjaan di sektor yang diizinkan.

2 dari 4 halaman

Pembatasan Jumlah Penumpang

psbb hari pertama di pekanbaru

2020 Merdeka.com/Abdullah Sani

Aturan berkendara saat PSBB yang selanjutnya adalah pembatasan jumlah penumpang pada kendaraan. Penggunaan kendaraan pribadi seperti mobil ataupun motor memang tidak dilarang. Namun, bukan berarti pengendara bisa bebas, melainkan ada aturannya.

Jumlah orang dalam satu kendaraan seperti mobil maksimal berkapasitas 50%. Sebagai contoh, dalam satu mobil sedan hanya diperbolehkan mengangkut 3 orang. Hal tersebut juga berlaku untuk transportasi umum.

3 dari 4 halaman

Ojek Dilarang Angkut Penumpang

aktivitas ojek online angkut barang saat psbb

Liputan6.com/Faizal Fanani

Aturan berkendara yang wajib ditaati saat masa PSBB adalah transportasi umum seperti ojek akan dilarang untuk berboncengan.

Aturan ini juga berlaku untuk kendaraan roda dua bagi masyarakat umum yang tetap tidak diperbolehkan berboncengan pada saat berkendara. Namun, jika ojek hanya sekedar untuk mengangkut barang dan makanan masih dimaklumi.

4 dari 4 halaman

Wajib Menggunakan Masker

ilustrasi masker kain

Pixabay

Aturan berkendara yang wajib ditaati saat PSBB yang terakhir adalah wajib gunakan masker. Alat perlindungan diri seperti masker ataupun sarung tangan tidak boleh dilewatkan selama berkendara.

Meskipun sedang menyetir mobil ataupun motor, kedua alat perlindungan diri tersebut wajib dipakai selama berkendara pada saat masa PSBB berlangsung.

[raf]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini