12 Jenis Makanan untuk Sistem Imun yang Kuat, Konsumsi agar Tubuh Tetap Sehat

Kamis, 26 Maret 2020 18:40 Reporter : Andre Kurniawan
12 Jenis Makanan untuk Sistem Imun yang Kuat, Konsumsi agar Tubuh Tetap Sehat 5 Fakta Bantuan 7000 APD dan 3.600 Rapid Test COVID-19 yang Diterima Sumatera Utara. liputan6.com ©2020 Merdeka.com

Merdeka.com - Indonesia saat ini sedang dilanda kepanikan karena serangan COVID-19. Tercatat sudah lebih dari 700 orang positif terjangkit virus ini. Angka kematian pun sudah menyentuh angka 58. Berbagai cara dilakukan oleh pemerintah untuk meminimalisir jumlah korban.

Kita sebagai masyarakat juga perlu ikut serta untuk menanggulangi permasalahan ini. Caranya, dengan mematuhi perintah dari pemerintah untuk tidak banyak melakukan aktivitas di luar, tidak melakukan perjalanan ke luar kota, dan menghindari kontak dengan orang lain.

Cara lain yang bisa kita lakukan adalah dengan menjaga kondisi kesehatan. Mengonsumsi makanan sehat dan berolahraga adalah salah satu cara. Dengan kedua hal tersebut, badan akan menjadi sehat dan meningkatkan kekebalan tubuh.

Dengan sistem kekebalan tubuh yang baik, tubuh dapat mendeteksi adanya virus yang masuk dan membedakannya dengan jaringan lain. Dengan begitu kita bisa terhindar dari infeksi penyakit yang disebabkan oleh virus.

Dilansir dari healthline.com, berikut makanan yang bisa meningkatkan kekebalan tubuh.

1 dari 12 halaman

Buah-buahan Sitrus

jeruk nipis

2020 Merdeka.com

Jenis makanan yang pertama adalah buah-buahan sitrus, yang banyak mengandung vitamin C. Sebagian orang akan mengonsumsi makanan yang mengandung vitamin C ketika mereka terserang flu.

Hal itu karena vitamin C dapat berperan untuk meningkatkan sistem imun dalam tubuh. Vitamin C akan meningkatkan produksi sel darah putih, yang mana sel tersebut adalah kunci untuk mengatasi infeksi.

Buah-buahan vitamin C yang bisa kita konsumsi antara lain adalah anggur, jeruk, lemon, atau jeruk nipis.

2 dari 12 halaman

Paprika Merah

010 siti rutmawati

pixabay.com

Jenis makanan yang kedua adalah paprika merah. Selain buah-buahan, ada juga sayuran yang memiliki kandungan vitamin C yang tinggi.

Sayuran itu biasa kita kenal dengan sebutan paprika merah. Selain kaya akan vitamin C, paprika merah juga mengandung beta karoten.

Dengan kandungan tersebut, paprika merah tidak hanya berfungsi untuk meningkatkan kekebalan tubuh, tapi juga bisa berguna untuk meningkatkan kesehatan kulit.

3 dari 12 halaman

Brokoli

brokoli

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Jenis makanan yang ketiga adalah brokoli. Sayuran yang mirip pohon ini memiliki kandungan yang luar biasa. Kandungan vitamin A, C, dan E akan memberikan anda antioksidan dan serat yang baik bagi kesehatan Anda.

4 dari 12 halaman

Bawang Putih

manfaat bawang putih

2020 Merdeka.com

Jenis makanan yang selanjutnya adalah bawang putih. Bahan makanan yang sudah banyak dikenal masyarakat ini ternyata memiliki kandungan untuk meningkatkan kekebalan tubuh kita.

Selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, bawang putih juga membantu menurunkan tekanan darah dan memperlambat pengerasan pada arteri.

5 dari 12 halaman

Jahe

manfaat jahe

2020 Merdeka.com

Jenis makanan yang selanjutnya adalah jahe. Bahan makanan ini juga sudah banyak dikenal oleh masyarakat kita dan sudah banyak yang menggunakannya untuk mengatasi beberapa penyakit.

Selain dapat meningkatkan kekebalan tubuh, jahe juga memiliki kandungan yang dapat menurunkan peradangan. Kandungan ini akan mengurangi sakit tenggorokan dan penyakit radang. Selain itu, jahe juga dipercaya dapat mengobati mual.

6 dari 12 halaman

Bayam

bayam

2020 Merdeka.com/www.pixabay.com

Jenis makanan yang selanjutnya adalah bayam. Sayuran hijau ini memiliki kandungan antioksidan dan beta karoten. Dua kandungan ini memiliki kemampuan untuk melawan infeksi dalam sistem kekebalan tubuh.

7 dari 12 halaman

Yoghurt

ilustrasi yogurt

Shutterstock

Jenis makanan yang selanjutnya adalah yoghurt. makanan hasil fermentasi susu ini memiliki banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Mengonsumsi yoghurt secara teratur dapat meningkatkan kekebalan tubuh dan mencegah tubuh tertular penyakit. Probiotik yang terkandung dalam yoghurt juga terbukti dapat mengurangi peradangan yang berkaitan dengan beberapa kondisi kesehatan, mulai dari infeksi virus sampai gangguan usus.

Yoghurt juga memiliki kandungan vitamin D. Vitamin D ini akan membantu untuk mengatur kekebalan tubuh dan meningkatkan pertahanan alami dalam tubuh untuk menangkal penyakit.

8 dari 12 halaman

Almonds

ilustrasi almond

Pixabay

Almond adalah jenis makanan yang berikutnya. Kacang almond memiliki kandungan berupa vitamin E, yang berfungsi untuk menjaga sistem kekebalan tubuh.

Satu setengah cangkir almond, atau sekitar 46 kacang almond, memberikan hamper 100 persen kebutuhan vitamin E harian.

9 dari 12 halaman

Kunyit

manfaat kunyit

2020 Merdeka.com

Jenis makanan selanjutnya adalah kunyit. Bahan makanan ini sudah dipercaya sebagai obat alternative bagi beberapa penyakit. Kunyit digunakan sebagai anti inflamasi dalam mengobati peradangan di bagian sendi.

Kunyit juga memiliki kandungan senyawa curcumin, yang mana memberikan kunyit warna khasnya. Senyawa ini tidak hanya berfungsi sebagai pewarna saja, tapi juga mengandung manfaat bagi tubuh, yaitu dapat mengurangi kerusakan otot yang disebabkan ketika olahraga.

10 dari 12 halaman

Pepaya

ilustrasi pepaya

iStock

Makanan yang selanjutnya adalah pepaya. Buah ini juga mengandung vitamin C yang luar biasa besar.

Dalam satu pepaya, kita dapat menemukan 224 persen dari jumlah vitamin C harian yang disarankan. Selain itu, pepaya juga memiliki enzim yang berguna bagi pencernaan, yaitu papain, yang memiliki efek antiinflamasi.

Pepaya juga memiliki kandungan kalium, vitamin B, dan folat yang cukup. Semua kandungan tersebut sangat bermanfaat bagi kesehatan kita.


11 dari 12 halaman

Kiwi

es loli kiwi lapis cokelat

barefeetinthekitchen.blogspot.com

Makanan selanjutnya adalah kiwi. Kiwi memiliki banyak nutrisi penting bagi tubuh. Nutrisi penting ini termasuk folat, potasium, vitamin K, dan vitamin C.

Seperti yang kita tahu, vitamin C dapat meningkatkan sel darah putih. Sedangkan nutrisi kiwi lainnya dapat menjaga agar seluruh tubuh bisa berfungsi dengan baik.

12 dari 12 halaman

Biji Bunga Matahari

biji bunga matahari

2012 Merdeka.com

Biji bunga matahari memiliki banyak kandungan nutrisi. Fosfor, magnesium, dan vitamin B6 adalah beberapa kandungan yang terdapat dalam makanan ini.

Selain itu biji bunga matahari juga mengandung vitamin E, yang memberikan manfaat antioksidan kuat. Vitamin E ini juga memiliki peran untuk mengatur dan menjaga sistem imun dalam tubuh.

[ank]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini