Jadi Satu-satunya, Purwakarta Punya Sekolah Berbasis Konservasi Bambu

Rabu, 25 Januari 2023 18:20 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Jadi Satu-satunya, Purwakarta Punya Sekolah Berbasis Konservasi Bambu Konservasi bambu di SDN 2 Cikopo Purwakarta. ©2023 Dokumentasi Pemkab Purwakarta/Merdeka.com

Merdeka.com - Dinas Pendidikan (Disdik) Kabupaten Purwakarta mengenalkan SDN 2 Cikopo di Kecamatan Bungursari, sebagai model percontohan konservasi bambu. Konsep yang diterapkan ini disebut sebagai satu-satunya.

Dikonfirmasi Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Purwakarta, Purwanto, Rabu (25/1), diterapkannya konsep ini akan membuat siswa-siswi di sana memahami karakteristik serta pemanfaatan bamboo sebagai keterampilan maupun manfaatnya di lingkungan.

“Para siswa di sini akan memiliki keunggulan menguasai wawasan dan keterampilan tentang bambu”ujar Purwanto, mengutip ANTARA

2 dari 4 halaman

Menerapkan Kurikulum Berbasis Bambu

konservasi bambu di sdn 2 cikopo purwakarta

©2023 Dokumentasi Pemkab Purwakarta/Merdeka.com

Purwanto menambahkan, ke depannya sekolah ini akan menerapkan kurikulum berwawasan bambu yang belum ditemui di sekolah-sekolah lainnya. Ini kemudian akan membuka jalan bagi siswa-siswi yang belajar, karena akan lebih dalam mengenal seputar kegunaan bambu.

Bambu sendiri dianggap sebagai emas hijau, artinya dari hulu ke hilir bisa dimanfaatkan secara optimal. Bukan hanya seputar ekonomi, bambu juga disebut mampu menunjang kehidupan secara ekosistem.

“Kenapa tanaman bambu? Karena bambu itu emas hijau, yang sangat banyak manfaatnya bagi kehidupan manusia. Bambu juga merupakan potensi yang akan menjaga ekosistem dan prinsip hidup berkelanjutan” jelas Purwanto.

3 dari 4 halaman

Punya Arboretum Bambu

Untuk memulai ini, SDN 2 Cikopo bersama Disdik Purwakarta dan Self Learning Institute juga mengenalkan arboretum bambu yang ditanam di lahan seluas 11.000 meter.

Arboretum ini merupakan hasil kolaborasi dari sejumlah pihak, seperti masyarakat peduli lingkungan, unsur sekolah se-Kecamatan Bungursari dan Babakan Cikao, serta perwakilan korwil di Purwakarta.

"Semangat dan motivasi dari semua pihak yang terlibat menjadi modal dasar dalam mewujudkan cita-cita mengingat banyak sekali manfaat untuk siswa dan juga untuk kelestarian lingkungan masyarakat," tambahnya.

Bambu-bambu ini juga bermanfaat untuk menyerap karbon di udara, karena kawasan tersebut dekat dengan daerah industri.

4 dari 4 halaman

Jadi Pusat Pendidikan Bambu

Adapun Arboterum sendiri merupakan lahan yang disediakan khusus untuk ditanami jenis-jenis tanaman untuk keperluan pendidikan. Lokasi ini juga diproyeksi bisa menjadi habitat bagi beberapa jenis hewan.

CEO Self Learning Institute, Mohammad Irvan Evrizal mengatakan jika kurikulum bambu yang diajarkan, salah satunya akan memberikan pelatihan pemanfaatan bambu (workshop) untuk dijadikan sejumlah kerajinan.

Kemudian pemetaan juga sudah dilakukan untuk rencana ke depan, yakni akan dibangun auditorium, outdoor theater, dapur terbuka, area jogging dan jalur sepeda.

Ini sekaligus mengenalkan bahwa bambu merupakan identitas dari masyarakat Sunda.

"Akan dibangun juga Workshop bambu yang dapat dijadikan sebagai kerajinan, alat musik, alat rumah tangga maupun permainan anak-anak," kata Irvan

[nrd]
Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini

Opini