Jadi Provinsi Pertama di Indonesia, Ini 6 Fakta Pengesahan Perda Pesantren di Jabar

Kamis, 4 Februari 2021 15:30 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Jadi Provinsi Pertama di Indonesia, Ini 6 Fakta Pengesahan Perda Pesantren di Jabar Gubernur Jabar Ridwan Kamil di Pondok Pesantren Al Basyariyah 2. ©2019 Merdeka.com

Merdeka.com - Provinsi Jawa Barat menjadi daerah pertama di Indonesia dalam melahirkan Peraturan Daerah (Perda) Provinsi tentang pesantren. Perda tersebut nantinya digadang akan memperbaiki keadaan pesantren, sehingga bisa lebih berdaya sebagai lembaga pendidikan.

Diketahui Perda Pesantren sndiri lahir sebagai turunan dari peraturan perundang-undangan, Undang-Undang Pesantren Republik Indonesia No. 18 tahun 2019, sehingga bisa mengukuhkan Pesantren untuk memiliki payung hukum yang kuat.

“Jadi semacam memiliki tenaga lebih untuk pesantren agar lebih berkualitas dan berdaya sebagai lembaga pendidikan, dakwah dan pemberdayaan. Selama ini intervensi provinsi terhadap pesantren hanya berupa bantuan sekedarnya melalui Yanbangos, karena memang tidak memiliki payung hukum untuk membantu lebih besar dan lebih luas lagi secara formal” ujar Ketua Pansus VII DPRD Sidkon Djampi, usai mengadakan rapat tentang Perda Pesantren di ruang rapat paripurna DPRD Jabar, 01/02, seperti melansir dari jabarprov.go.id.

Berikut beberapa fakta tentang hadirnya Perda Pesantren di Jawa Barat yang berhasil dirangkum merdeka.com

Baca Selanjutnya: Pesantren Terfasilitasi Secara Pendaan...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini