Ini Strategi yang Disiapkan Bandara Kertajati untuk Menarik Pengunjung di Tahun 2020

Kamis, 13 Februari 2020 13:20 Reporter : Nurul Diva Kautsar
Ini Strategi yang Disiapkan Bandara Kertajati untuk Menarik Pengunjung di Tahun 2020 Bandara Kertajati. ©2018 Merdeka.com/Yayu Agustini Rahayu

Merdeka.com - Bandara Kertajati yang terletak di Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, merupakan bandara terbesar kedua setelah Bandara Soekarno Hatta. Pembangunan bandara yang juga dikenal sebagai Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) ini mulai dirintis ketika era Presiden Megawati Soekarno Putri. Uji kelayakan sudah dilaksanakan sejak 2003, sementara izin penetapan lokasinya sudah dimulai sejak 2005.

Sayangnya bandara yang memiliki kapasitas sebanyak 29 juta penumpang per tahun ini masih sepi pengunjung. Salah satu faktor penyebabnya adalah masih beroperasinya Bandara Husein Sastranegara di Bandung, Jawa Barat.

Selain masih beroperasinya Bandara Husein Sastranegara, penyebab lain sepinya bandara yang menjadi kebanggaan warga Sunda tersebut adalah belum rampungnya Jalan Tol Cisumdawu. Nantinya ketika jalan tol ini beroperasi, waktu tempuh antara Bandung dengan Kertajati hanya 45 menit dan diharapkan bisa menarik pengguna transportasi udara tersebut.

Namun di sisi lain, Gubernur Jawa Barat, Ridwan Kamil, mempunyai strategi khusus untuk meningkatkan penerbangan di Bandara Kertajati tersebut. Gubernur yang akrab disapa kang Emil ini menjelaskan bahwa nantinya Bandara Kertajati akan menjadi salah satu bandara dengan fasilitas terlengkap di Jawa Barat.

Baca Selanjutnya: Meninjau Kembali Masterplan Bandara...

Halaman

Komentar Pembaca

Ingatlah untuk menjaga komentar tetap hormat dan mengikuti pedoman komunitas kami

Be Smart, Read More

Indeks Berita Hari Ini